Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Landa Nigeria, 20 Orang Tewas

Kompas.com - 28/08/2011, 18:50 WIB

LAGOS, KOMPAS.com — Banjir bandang melanda wilayah Nigeria barat dan menghancurkan rumah serta menewaskan 20 orang. Ribuan warga diperkirakan telantar akibat bencana ini. Banjir juga menghayutkan sampah dan puing-puing bangunan rumah warga setempat.

Hujan lebat yang turun terus-menerus sejak Jumat (26/8/2011) telah menyebabkan bendungan meluap, demikian dikatakan Yushau Shuaib, juru bicara badan urusan darurat, Minggu.

"Sebanyak 20 orang dikonfirmasikan tewas. Sebuah bendungan meluap dan situasinya sangat serius. Sampah dan puing-puing rumah yang hanyut memperparah kondisi para korban banjir," kata Shuaib tentang banjir di kota Ibadan, Minggu (28/8/2011).

Sementara itu, menurut laporan media setempat, dipastikan ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan membutuhkan bantuan segera. "Jumlah mereka bisa mencapai ribuan orang," kata Shuaib.

Begitu dahsyatnya banjir bandang tersebut sehingga jembatan-jembatan ambruk dan mobil-mobil hanyut serta tenggelam. Pihak pemerintah telah mengerahkan petugas sukarelawan untuk mengevakuasi para korban banjir.

Musim hujan di Nigeria biasanya terjadi antara April hingga September. Untuk antisipasi, Pemerintah Nigeria sebenarnya telah memperingatkan warganya agar mewaspadai musim hujan, yang berpotensi bencana banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com