Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Nomor 2 Al-Qaeda Tewas Terbunuh

Kompas.com - 28/08/2011, 02:13 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemimpin nomor 2 al-Qaeda Atiyah abd al-Rahman tewas terbunuh di Pakistan. Tanpa merinci lebih lanjut bagaimana tewasnya, seorang pejabat senior AS di Washington menerangkan Rahman yang terlibat aktif dalam mengarahkan operasi jaringan teroris tersebut tewas di Waziristan pada 22 Agustus 2011.

Pejabat setempat di Waziristan menerangkan pekan lalu bahwa sebuah pesawat intai AS melancarkan serangan ke sebuah kendaraan pada 22 Agustus di Waziristan Utara yang menewaskan 4 militan. Kematian Rahman dinilai merupakan pukulan besar bagi al-Qaeda mengingat pemimpin terbaru jaringan teroris ini Ayman al-Zawahiri menaruh kepercayaan besar padanya sejak tewasnya Osama bin Laden.

"Berdasarkan barang bukti yang ditemukan di kediaman Osama bin Laden, Rahman terlibat penuh dalam mengarahkan operasi al-Qaeda bahkan sebelum serangan terhadap Osama bin Laden dilancarkan. Tanggung jawabnya sangat besar di al-Qaeda sehingga posisinya akan sangat sulit untuk digantikan," jelas pejabat AS yang tidak ingin disebutkan identitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com