Orang Nomor 2 Al-Qaeda Tewas Terbunuh

Kompas.com - 28/08/2011, 02:13 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemimpin nomor 2 al-Qaeda Atiyah abd al-Rahman tewas terbunuh di Pakistan. Tanpa merinci lebih lanjut bagaimana tewasnya, seorang pejabat senior AS di Washington menerangkan Rahman yang terlibat aktif dalam mengarahkan operasi jaringan teroris tersebut tewas di Waziristan pada 22 Agustus 2011.

Pejabat setempat di Waziristan menerangkan pekan lalu bahwa sebuah pesawat intai AS melancarkan serangan ke sebuah kendaraan pada 22 Agustus di Waziristan Utara yang menewaskan 4 militan. Kematian Rahman dinilai merupakan pukulan besar bagi al-Qaeda mengingat pemimpin terbaru jaringan teroris ini Ayman al-Zawahiri menaruh kepercayaan besar padanya sejak tewasnya Osama bin Laden.

"Berdasarkan barang bukti yang ditemukan di kediaman Osama bin Laden, Rahman terlibat penuh dalam mengarahkan operasi al-Qaeda bahkan sebelum serangan terhadap Osama bin Laden dilancarkan. Tanggung jawabnya sangat besar di al-Qaeda sehingga posisinya akan sangat sulit untuk digantikan," jelas pejabat AS yang tidak ingin disebutkan identitasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.