Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Konvoi pada Malam Takbiran

Kompas.com - 26/08/2011, 19:15 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com Kepala Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Tangerang Kota Komisaris Besar Tavip Yulianto meminta masyarakat tidak melakukan konvoi kendaraan pada malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1432 Hijriah.

Ia mengimbau agar pelaksanaan ucapan syukur itu dilakukan dengan khusyuk di masjid-masjid.

"Melakukan konvoi kendaraan bisa mengancam keamanan dan keselamatan nyawa diri sendiri dan orang lain. Kenapa harus konvoi? Lebih baik melakukan malam takbiran di masjid saja," kata Tavip kepada Kompas di kantor Polrestro Tangerang Kota, Jumat (26/8/2011).

Tavip mengatakan, pihaknya tidak akan segan-segan menindak masyarakat yang melanggar aturan berlalu lintas di malam takbiran itu.

"Pelanggar lalu lintas akan dikenakan sanksi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas," tambah Tavip.

Pelanggaran yang dimaksud adalah memuat penumpang lebih dari kapasitas kendaraan. Sesuai peraturan yang berlaku, papar Tavip, kendaraan bak terbuka tidak boleh ada penumpang, sepeda motor hanya untuk dua orang, dan tidak boleh ada penumpang di atap kendaraan.

"Polisi akan melakukan patroli di seluruh wilayah dan tidak segan-segan menindak pelanggar lalu lintas," lanjut Tavip.

Untuk pengamanan pada Lebaran tahun ini, lanjut Tavip, pihaknya mengerahkan dua per tiga kekuatan yang disebar ke seluruh wilayah hukum Polrestro Tangerang Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com