Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Bangun Museum Puputan Badung

Kompas.com - 26/08/2011, 13:50 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika merencanakan pembangunan Museum Puputan Badung di sekitar kawasan Pura Besakih, Kabupaten Karangasem. Ia memperkirakan pembangunanya menyedot anggaran hingga Rp 27 miliar.

"Pelaksanaan pembangunannya itu mudah. Hanya saja yang terpenting adalah spirit dari bangunan tersebut. Semangat Puputan Badung harus tercermin di museum itu untuk diketahui anak cucu kita. Selain itu harus disiapkan benar rencana pengelolaan yang baik sehingga tidak sia-sia  dan menimbulkan konflik," kata Mangku Pastika pada Rencana Pembangunan Museum Puputan Badung dan Penataan Kawasan Pura Besakih, di Gedung Wiswasabha Pratama, kompleks gubernuran, Jumat (26/8/2011).

Selain itu, Pastika menekankan agar bangunan museum tetap harus mencerminkan budaya Bali dengan arsitektur Bali. Ia pun menginginkan pembangunan juga sekaligus menata sekitar kawasan Pura Besakih.

Rencananya, pembangunan museum itu diperuntukan pengunjung sebelum memasuki kawasan Pura Besakih dapat singgah di pusat informasi, yakni dibuat museum. Tujuannya, pengunjung kawasan suci tidak hanya mengetahui adat Bali melainkan juga perjuangan serta sejarah Bali.

Puputan Badung merupakan perjuangan rakyat Bali melawan Belanda di lapangan puputan Badung, di Denpasar sekitar 100 tahun lalu. Acara tersebut dihadiri Ketua Komisi II DPRD Bali Tuti Kusuma Wardani, Prajuru Adat Besakih, pihak Kecamatan Rendang dan jajaran Pemprov Bali terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com