Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan KTP dan STNK, Gratis Mudik Naik Kapal

Kompas.com - 25/08/2011, 18:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk dan surat tanda nomor kendaraan kepada Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, warga Jakarta bisa mudik ke kampung halaman dengan naik kapal laut gratis. Lebaran ini, Kementerian Perhubungan menyediakan satu armada Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI Angkatan Laut yang akan berangkat pada Sabtu (27/8/2011) pukul 11.00.

Sampai dengan Kamis (25/8/2011) sore, baru tercatat sebanyak 270 warga dengan lebih dari 540 sepeda motor yang mendaftar mudik gratis menggunakan KRI.

Manajer Terminal Penumpang Nusantara Pura Tanjung Priok Suswibowo mengatakan, bagi masyarakat yang tertarik mudik gratis sambil membawa sepeda motor, mereka tinggal mendaftarkan diri ke Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan menunjukkan KTP serta STNK.

"Setiap keluarga yang ingin mudik dengan kapal laut maksimal dua orang dengan satu sepeda motor. Jika STNK motor bukan atas nama pemudik, maka yang bersangkutan tinggal menunjukkan fotocopy KTP pemilik motor," kata Suswibowo, Kamis (25/8/2011) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Rencananya, kapal perang yang digunakan untuk mudik gratis ini akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2011). Pendaftaran mudik gratis paling lambat, Jumat (26/7/2011) pukul 12.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com