Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji Surga Taliban untuk Bocah

Kompas.com - 24/08/2011, 20:45 WIB

KOMPAS.com — Bocah yang belum lagi genap berusia 18 tahun itu mengaku bakal lancar masuk surga kalau mau mengikuti bujukan Taliban. "Caranya, saya bersedia menjadi pengebom bunuh diri," katanya.

Ini cuplikan kisah yang mengemuka saat Presiden Afganistan Hamid Karzai, di Istana Kepresidenan Kabul, bertemu dengan 20 anak yang sempat direkrut oleh Taliban untuk menjadi pengebom bunuh diri. Pihak keamanan nasional Afganistan sukses membebaskan mereka sebelum misi terlaksana.

Setelah mendengarkan cerita anak-anak tersebut, Hamid Karzai menerangkan kalau kesediaan mengikuti perintah Taliban untuk menjadi pengebom bunuh diri dengan iming-iming masuk surga justru bertentangan dengan ajaran Islam. "Hal itu juga merupakan pelanggaran hak asasi manusia sekaligus ekploitasi anak-anak," kata Karzai.

Lebih lanjut, sebagaimana warta Xinhua pada Rabu (24/8/2011), Karzai meminta pihak berwajib untuk membebaskan anak-anak tersebut sekaligus memberikan pengarahan terhadap pentingnya belajar dan kembali ke sekolah.

Milisi Taliban berperang melawan pasukan NATO dan Afganistan dengan taktik bom bunuh diri dan bom pinggir jalan. Yang terbaru, pada Jumat (19/8/2011), Taliban mengebom Pusat Kebudayaan Inggris di kompleks British Council di Kabul. Insiden itu membunuh 8 orang dan melukai 10 orang lainnya.
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com