Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Siagakan Lima Helikopter

Kompas.com - 24/08/2011, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan SAR Nasional (Basarnas)menyiagakan lima unit helikopter untuk mengantisipasi kebutuhan operasi pencarian dan penyelamatan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2011 .

"Masing-masing satu heli di Merak, di Bandara Atang Sanjaya (Bogor), di Tanjung Pinang, di Juanda (Bandung), dan Surabaya," kata Agolo, Kasubag Humas Basarnas kepada Kompas.com di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2011 (1432 H) di Jl Medan Merdeka Barat No. 08, Rabu (24/8/2011).

Kelima unit helikopter tersebut merupakan bagian dari Tim SAR unit udara. Selain itu, Basarnas juga menyiapkan tim SAR unit laut dan unit darat.

Untuk unit laut, Basarnas menyiagakan 30 unit kapal penyelamat (rescue boat) dan 24 perahu cepat (sea rider) yang berlokasi di berbagai kota pelabuhan di Indonesia.

Sedangkan untuk tim darat, tersedia 24 unit truk penyelamat dan dan 72 kendaraan operasional yang diap membantu masyarakat.

"Dengan penyebaran sarana dan SDM, tim SAR diharapkan dapat memiliki waktu tanggap darurat yang cukup saat dibutuhkan," lanjut Agolo.

Basarnas saat ini memiliki 24 kantor SAR dan 48 Pos SAR di seluruh Indonesia. Agolo menyatakan, pihaknya siaga 24 jam untuk memberikan bantuan. "Kita harapkan tidak terjadi sesuatu yang buruk. Tapi, kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, kami selalu siap membantu 24 jam," pungkas Agolo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com