Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarang Potensial Jual Festival Budaya

Kompas.com - 23/08/2011, 20:37 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com—Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah memiliki potensi menjual festival budaya untuk magnet bagi para wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

"Banyak festival budaya yang menarik dan sebenarnya laku dijual, jika pemerintah setempat dan banyak pihak mau mengelolanya," kata Wakil Ketua Umum bidang Promosi dan Pariwisata Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng, Benita Eka Arijani, di Semarang, Senin.

Sejumlah festival budaya yang ada di Kota Semarang di antaranya peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho berupa arak-arakan patung Sam Poo Kong, Dugderan, Semarang Night Carnival, dan Pasar Imlek Semawis.

Kota Semarang, lanjut Benita, juga memiliki potensi wisata religi, wisata bangunan tua bersejarah, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata ekonomi, serta wisata seni dan budaya.

Dalam rangka menyambut program Visit Jateng 2013, lanjut Benita, Kota Semarang juga telah menyiapkan diri mulai dari penataan pedagang kaki lima (PKL), pengembangan area pejalan kaki, perbaikan Bandara Ahmad Yani, revitalisasi obyek wisata (Gedung Lawang Sewu dan Kelenteng Sam Poo Kong), serta normalisasi  Banjir Kanal, dan pembangunan obyek wisata baru Waduk Jatibarang.

Menurut Benita, jika potensi wisata yang ada di Kota Semarang dapat digarap dengan baik, hasilnya dapat menjadi penyumbang devisa sehingga dapat memicu pembangunan daerah.

"Oleh karena itu, antara penyelenggara biro perjalanan wisata  atau pelaku industri pariwisata dan pemerintah daerah harus bekerja sama," katanya.

Kadin Jateng, lanjut Benita, yang berada di jajaran teratas dunia usaha Jateng saat ini terus berusaha menjadi pemersatu yang dapat mewakili bisnis pariwisata.

"Kadin juga memfasilitasi komunikasi antarsektor usaha serta menjalin hubungan baik dengan pemerintah serta pihak pendukung termasuk media massa," katanya.

Terkait program Visit Jateng 2013, tambah Benita, Kota Semarang masih harus terus mempersiapkan diri karena sebagai pintu gerbang Provinsi Jateng.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com