Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Lapangan Tiaka Kembali Terhenti

Kompas.com - 23/08/2011, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fasilitas produksi di Lapangan Tiaka dengan operator JOB Pertamina-Medco Tomori, di Luwuk, Sulawesi Tengah, kembali berhenti beroperasi sejak Senin (22/8/2011) siang. Penghentian operasi itu akibat sekelompok demonstran kembali menyerang dan merusak fasilitas yang ada di Pulau Tiaka.

Menurut Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas, Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), Gde Pradnyana, dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (23/8/2011), hingga saat ini lapangan ditutup dan seluruh pekerja dievakuasi.

"Untuk sementara fasilitas produksi tersebut dijaga oleh aparat Kepolisian dan TNI menunggu situasi kondusif," kata Gde.

Enam sumur dan fasilitas produksi di Lapangan Tiaka memproduksi minyak 1.600 barel per hari. Gde menjelaskan, aksi demo anarkis di Tiaka dimulai sejak Sabtu (20/8/2011) lalu.

Sekitar 30 pendemo datang menggunakan kapal kayu, kemudian merusak beberapa fasilitas yang mengakibatkan kru harus dievakuasi dan lapangan ditutup.

Setelah mendapati lapangan kosong, pendemo pergi dengan membawa dan merampas kapal kru yang merangkap sebagai kapal rumah sakit. Kapal itu kini masih di tangan pendemo.

Pada hari Minggu (21/8/2011), sebenarnya kondisi berangsur membaik dan produksi kembali normal. Namun pada hari Senin, massa kembali datang dengan membawa parang dan senjata tajam lainnya, serta bom molotov.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com