Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Dukung Pilihan Rakyat Libya

Kompas.com - 23/08/2011, 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Pemerintah Republik Indonesia menghargai dan mendukung pilihan yang diambil rakyat Libya karena mereka lebih tahu langkah apa yang terbaik bagi masa depannya.

Demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia di Jakarta, Selasa (23/8/2011), tentang perkembangan situasi terakhir di Libya. Pemerintah Indonesia berharap, perkembangan terkini di Libya akan menjadi awal bagi diakhirinya tindak kekerasan terhadap penduduk sipil. Perkembangan itu juga diharapkan bisa menjadi titik awal bergulirnya suatu proses politik yang memungkinkan seluruh komponen bangsa Libya untuk menentukan masa depannya secara demokratis.

"Perkembangan di Libya kini memasuki tahap yang penting dan menentukan. Pemerintah Indonesia selama ini telah memberikan perhatian yang mendalam atas perkembangan di negara tersebut," demikian isi pernyataan tersebut.

Perang saudara tengah berkecamuk di negara Afrika utara itu antara pasukan pendukung rezim Moammar Khadafy dan para pemberontak atau oposisi yang menentangnya yang didukung NATO. Pasukan pemberontak pada Minggu sudah memasuki Tripoli, ibu kota negara itu, dan menguasai sebagian besar wilayah kota itu, termasuk Lapangan Hijau yang mempunyai makna simbolis karena selama ini secara teratur digunakan massa pendukung Khadafy untuk menggelar kekuatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com