Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Bisa Dengar Percakapan Pilot

Kompas.com - 23/08/2011, 12:36 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com — Maskapai United Airlines merencanakan investasi sebesar 500 juta dollar AS untuk meningkatkan kualitas kursi di armada pesawat mereka. Peningkatan kualitas ini merupakan salah satu kesepakatan dari integrasi dua maskapai, yakni United Airlines dan Continental.

United, sebagaimana dikutip dari kantor berita Associated Press, pada Selasa (23/8/2011), akan menambahkan kursi rebah atau flat-bed seats untuk kelas bisnis mereka dalam penerbangan jarak jauh. Kemudian, menambah kapasitas kargo di kabin dan memasang perangkat wi-fi di pesawat.

Sementara pesawat-pesawat yang tadinya dimiliki Continental akan mendapat kursi Economy Plus dengan ruang kaki yang lebih lebar. Namun, yang fantastis, akan disediakan Channel9, di mana penumpang diperbolehkan mendengarkan percakapan antara pilot dan pengatur lalu lintas udara atau air traffic controler.

Berdasarkan pengalaman Kompas, pembicaraan antara pengatur lalu lintas udara menyangkut posisi pesawat, cuaca selama dan di tempat tujuan, kepadatan lalu lintas udara, ketinggian dan arah pesawat, izin untuk lepas landas dan mendarat, hingga keberadaan pesawat lain di sebuah ruang udara.

Hingga akhir tahun 2011, akan dituntaskan transformasi pada 38 pesawat United Airlines, dan ditargetkan pada akhir Maret 2012 selesai pada 100 pesawat mereka. Konfigurasi kursi baru pada First and Economy Plus juga akan dikerjakan pada 29 unit Bombardier Q400 United Express.

Pembenahan pada armada-armada United Airlines menandai keinginan maskapai Amerika Serikat untuk membenahi layanan. Hal itu dilakukan di tengah transformasi maskapai-maskapai Asia Pasifik, seperti Cathay Pacific, Singapore Airlines, hingga Malaysia Airlines, yang kini juga terbang ke Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com