Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saif Khadafy: Kami Kendalikan Tripoli

Kompas.com - 23/08/2011, 10:05 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Putra kedua Moammar Khadafy, Saif al-Islam, yang ternyata masih bebas, Selasa (23/8/2011) pagi, menegaskan, pasukan Khadafy menguasai Tripoli.

"Tripoli di bawah kendali kami. Semua orang harus yakin. Semua baik-baik saja di Tripoli," kata Saif kepada sekelompok kecil wartawan di luar kompleks ayahnya, Bab al-Aziziya, di Tripoli.

"Anda lihat bagaimana rakyat Libya bangkit untuk memerangi pemberontak yang datang ke Tripoli," kata Saif kepada para wartawan.

Ia melanjutkan, "Barat punya teknologi canggih yang mengganggu sistem telekomunikasi dan mengirim pesan kepada rakyat guna mengumumkan kejatuhan rezim." Ia merujuk pada pesan teks via telepon yang dikirim, Minggu, kepada warga Tripoli. "Ini perang media dan teknologi untuk menciptakan kekacauan dan teror di Libya. Mereka juga menyelundupkan gerombolan perampok melalui laut dan darat." Saif menyebut para pemberontak yang masuk ke Tripoli sebagai gerombolan perampok.

Saif al-Islam, yang bersama sang ayah dicari Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) karena dituduh melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan, kemarin, diberitakan telah ditangkap dan ditahan pasukan pemberontak. Jaksa penuntut ICC Luis Moreno-Ocampo, kemarin, mengatakan "Saya telah menerima keterangan rahasia yang menyatakan ia (Saif) telah ditangkap."

Namun, kepada sekelompok wartawan itu, Saif mengatakan, "Saya di sini untuk membantah kebohongan itu."

Menurut Saif, para pemberontak justru menderita banyak korban jiwa pada Senin, saat mereka menyerbu kompleks Khadafy, Bab al-Aziziya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com