Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz SLK 55 AMG Berteknologi F1

Kompas.com - 22/08/2011, 12:14 WIB

STUTTGART, KOMPAS.com — Pada gelaran Frankfurt Motor Show yang berlangsung pada pertengahan September mendatang, Mercedes-Benz akan memajang beberapa model garapan AMG, di antaranya SLK 55 AMG 2012. Sedan hardtop versi paling bertenaga itu bermesin V8 normally aspirated (tanpa turbo) sudah nongol di situs Autobild.

Dari tampilan, AMG menambahkan aero kit depan dan belakang dipadu dengan velg lebar yang ringan berkelir hitam. Pada interior, tak banyak perubahan, kecuali sepasang jok yang dibalut kulit.

Fokus pembenahan yang dilakukan AMG justru pada mesin V8 5.5L berbahan aluminium. Pada jantung pacu tersebut telah menggunakan asupan udara baru, kepala silinder, valve drive, sistem pelumas, crankcase, dan—ini yang paling penting—penonaktifan sistem silinder yang terinspirasi dari F1.

Dengan perubahan itu, tak heran bila tenaganya terdongkrak dari 62 HP menjadi 422 HP dengan torsi juga ikut naik menjadi 540Nm (khusus untuk spesifikasi Eropa). Sementara buat pasar Amerika, tenaga maksimal dibatasi sampai 415 HP pada 6.800 rpm dengan torsi maksimum 398-ft pada 4.500 rpm.

Menurut Mercedes, akselerasi 0-100 km per jam bisa dicapai hanya 4,6 detik dengan kecepatan tertinggi 250 km per jam (dibatasi secara elektronik). SLK dilengkapi transmisi otomatis 7-percepatan AMG Speedshift dengan tiga mode, yakni sport, manual, dan efisiensi.

Meski bertenaga besar, konsumsi bahan bakarnya 8,5L/100 km atau 1 liter bisa menempuh jarak 11,7 km, cukup irit untuk mobil bertenaga 422 HP. Bisa irit lantaran AMG telah mengubah manajemen mesinnya, terutama kala melaju dengan putaran mesin antara 800 sampai 3.600 rpm hanya menggunakan empat silinder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com