Sudah Tiga Putra Khadafy yang Ditahan

Kompas.com - 22/08/2011, 10:32 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIRUT, KOMPAS.com Putra tertua Moammar Khadafy, Mohammad Al-Khadafy, mengatakan kepada stasiun televisi Al-Jazeera, Senin dini hari, bahwa ia telah ditahan pasukan oposisi dan kini dikenakan tahanan rumah di Tripoli, ibu kota Libya.

"Sejumlah pria bersenjata mengepung rumah saya dan saya masih berada di dalam rumah, mereka berada di luar," kata Mohammad melalui telepon dari Tripoli. "Mereka mengatakan, mereka akan menjamin keselamatan saya. Mereka mengepung rumah saya," tambahnya.

Suara tembakan terdengar di latar belakang. "Ya, suara tembakan di dalam rumah saya," kata Mohammad sebelum saluran telepon itu terputus secara tiba-tiba.

Sebelumnya, seorang pejabat senior Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya, Abdullah Almayhop, mengatakan, putra tertua Khadafy, Mohammad, menyerah kepada gerilyawan.

Dengan ditahannya Mohammad berarti sudah tiga orang putra Khadafy yang ditahan para pemberontak. Putranya yang nomor dua, Saif al-Islam, juga telah ditahan, kata kantor Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC). Koordinator NTC Abdel Dabbechi mengonfirmasi bahwa Saif al-Islam telah ditangkap. Putra nomor tiga, Al Saadi Al Khadafy, menurut CNN, juga telah ditahan. Saadi adalah seorang pengusaha dan pemain sepak bola profesional.

Moammar Khadafy punya tujuh orang putra. Putranya yang ketujuh, Khamis Khadafy, yang merupakan komandan pasukan elite yang loyal terhadap Khadafy, dilaporkan telah tewas beberapa waktu lalu, tetapi tidak ada konfirmasi tentang laporan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X