Militan Gaza Terus Tembakkan Roket

Kompas.com - 21/08/2011, 13:51 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JERUSALEM, KOMPAS.com — Kelompok militan di Jalur Gaza, wilayah otoritas Palestina yang dikuasai kelompok garis keras Hamas, terus menembakkan roket dan mortir ke wilayah Israel selatan, Minggu (21/8/2011) pagi. Eskalasi konflik terbaru Palestina dan Israel terancam meningkat.

Konflik bersenjata terbaru ini pecah setelah Israel melancarkan serangan udara ke wilayah Gaza, yang menewaskan lebih dari 12 warga Palestina. Israel melakukan serangan itu untuk membalas penyergapan yang menewaskan delapan warga Israel di dekat perbatasan Mesir-Israel, Kamis lalu.

Sejak saat itu, pejuang Palestina di Gaza membalas dengan menembakkan tak kurang dari 100 roket dan peluru mortir ke berbagai sasaran di Israel. Serangan roket pada hari Sabtu menewaskan satu warga Israel dan melukai dua orang lainnya.

Menurut pihak militer Israel, kelompok militan itu menembakkan sedikitnya 20 roket sepanjang Minggu pagi, tetapi tidak menimbulkan korban serius. Para perwira senior Israel pun bertemu pada Sabtu tengah malam untuk membahas apakah akan meningkatkan serangan balasan ke Gaza.

"Israel tak akan ragu-ragu memperluas operasi militernya jika diperlukan. Kami akan melihat dulu bagaimana perkembangan situasi di lapangan," tutur juru bicara Angkatan Bersenjata Israel (IDF), Brigadir Jenderal Yoav Mordechai, melalui radio Israel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.