Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedutaan Israel di Mesir Dikepung

Kompas.com - 21/08/2011, 10:16 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Kabinet Mesir, Minggu (21/8/2011), mengatakan, pernyataan penyesalan Israel atas kematian lima polisi perbatasannya tidak cukup.

"Pernyataan Israel positif di permukaan, tapi tidak sesuai dengan besarnya kejadian dan keadaan marah Mesir terhadap tindakan Israel," kata kantor berita resmi MENA mengutip pernyataan kabinet.

MENA mengatakan, kabinet bersikeras pada jadwal untuk tawaran Israel melakukan penyelidikan bersama atas kematian para polisi Mesir, Kamis, saat tentara Israel mengejar gerilyawan yang melakukan serangan sebelumnya di Negev dan menewaskan delapan orang.

Sekitar 1.000 orang Mesir menggelar protes, Sabtu malam, di luar Kedutaan Israel di Kairo, bertempat di lantai atas sebuah gedung bertingkat tinggi dengan tujuan membakar bendera negara Yahudi itu.

Pada Sabtu sore, Kementerian Luar Negeri Israel memanggil kepala perwakilan Israel untuk menyampaikan teguran berkaitan dengan peristiwa mematikan tersebut.

Utusan yang dipanggil karena duta besar berada di luar negeri membacakan pernyataan penyesalan Menteri Pertahanan Israel Ehud Barack atas kematian itu dan menawarkan penyelidikan bersama. Demikian dikatakan Kementerian Luar Negeri Mesir.

Televisi Pemerintah Mesir, sebelumnya, melaporkan, pada hari itu Mesir akan menarik duta besarnya dari Tel Aviv, tetapi Israel mengatakan tidak menerima pemberitahuan atas keputusan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com