Gempa 7,5 SR Guncang Vanuatu

Kompas.com - 21/08/2011, 01:34 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

WASHINGTON, Kompas.com - Gempa bumi berkekuatan 7,5 pada skala Richter melanda Vanuatu, negara kepulauan di Pasifik. Demikian pernyataan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada Sabtu (20/8/11).

Dikatakan, gempa yang terjadi pada pukul 3.35 waktu setempat (pukul 23.55 WIB pada Sabtu) berpusat 60 km sebelah barat daya kota Port-Villa dan cukup dangkal, yaitu pada kedalaman 40,5 km.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengatakan gempa kuat itu tidak memicu tsunami di kawasan Pasifik, tetapi menyebutkan, "Gempa gempa seukuran ini kadang menimbulkan tsunami lokal yang bisa merusak sepanjang pesisir berlokasi dalam ratusan kilometer dari pusat gempa."

Sejauh ini belum ada informasi segera tentang kerusakan atau korban. Tetapi, gempa yang terjadi di tanah sekuat ini bisa menimbulkan kerusakan luas dan berat. Gempa itu disusul gempa susulan berkekuatan 5,9 selama 20 menit kemudian.

Kepulauan Vanuatu berlokasi di kawasan yang sering dilanda gempa. Port-Villa merupakan ibu kota Vanuatu dan berpenduduk sekitar 40.000 jiwa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.