Serangan Israel Tewaskan 7 Orang di Gaza

Kompas.com - 20/08/2011, 11:47 WIB
EditorEgidius Patnistik

RAFAH, KOMPAS.com Pesawat tempur Israel menewaskan tujuh orang Palestina dan melukai enam orang lagi di Jalur Gaza, Jumat (19/8/2011). Serangan itu merupakan balasan terhadap aksi yang diduga dilakukan gerilyawan yang menewaskan delapan orang Israel di dekat perbatasan Mesir.

Dua korban tewas di Jalur Gaza merupakan anggota Komite Perlawanan Rakyat, kelompok garis keras yang dituduh Israel sebagai pelaku serangan pada Kamis di Gurun Negev di bagian selatan negara Yahudi tersebut. Dua lagi korban tewas adalah anggota Jihad Islam.

Sementara itu, militer Israel berjanji akan menyelidiki kematian lima polisi Mesir yang tewas sehari sebelumnya, saat pasukan Israel memburu gerilyawan di daerah perbatasan tersebut. Para pejabat Mesir mengatakan, Kairo telah mengajukan protes kepada Israel mengenai peristiwa itu dan Perdana Menteri Essam Sharaf berikrar, darah orang Mesir takkan dibiarkan mengalir tanpa jawaban.

Meskipun pesawat tempur Israel menggempur Jalur Gaza, Jumat, gerilyawan Palestina tetap menembakkan roket dan bom mortir ke wilayah Israel selatan, setidaknya 25 kali sejak Jumat pagi, kata militer. Tiga orang Israel cedera di kota Ashdod, kata polisi.

Sebelumnya, tak lama setelah tengah malam, Jumat, satu pesawat Israel menyerang dan menewaskan tiga orang, salah satunya adalah seorang anak berusia lima tahun, di satu jalan di pusat kota Gaza. Tiga pejalan kaki cedera, kata Adham Abu Selmiya, juru bicara layanan darurat di jalur yang dikuasai Hamas itu.

Jihad Islam menyatakan, satu korban jiwa yang menjadi korban serangan sewaktu mereka mengendarai sepeda motor adalah seorang komandan sayap militernya, Brigade Al-Quds, yang bernama Moataz Qouriqa. Satu serangan Israel sebelumnya terhadap Jalur Gaza menewaskan seorang komandan Komite Perlawanan Rakyat. Kelompok tersebut menyebutkan nama komandan itu adalah Samed Abed (25).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.