Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Breivik Punya Bom Lain yang Lebih Besar

Kompas.com - 18/08/2011, 02:52 WIB

OSLO, KOMPAS.com — Pelaku penembakan dan pengeboman di Norwegia pada 22 Juli 2011 telah mempersiapkan bom kedua yang lebih besar dari pengeboman pertama di kawasan pusat pemerintahan di Oslo, Norwegia.

Mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya, stasiun televisi NRK melaporkan bahwa sebuah bom ditemukan di peternakan yang disewa Anders Behring Breivik, sekitar 140 kilometer arah utara Oslo. Bom itu berbobot antara 1 dan 1,5 ton dan siap untuk digunakan. Sebagai perbandingan, bom mobil yang meledak di luar kantor pemerintah di Oslo memiliki berat 950 kilogram dan menewaskan delapan orang. Hingga berita ini diturunkan, Pemerintah Norwegia tidak bersedia mengomentari laporan NRK tersebut.

Pada 27 Juli, polisi telah menemukan dan menghancurkan bahan peledak yang disimpan di peternakan terisolasi yang disewa oleh Behring Breivik. Mereka tidak merinci jumlah, ukuran, atau kondisi bahan peledak tersebut.

Behring Breivik yang berusia 32 tahun merupakan ekstremis sayap kanan yang telah merencanakan serangan selama bertahun-tahun. Ia menyewa sebuah lahan pertanian beberapa bulan sebelum pembantaian pada 22 Juli. Lahan itu disewa dengan alasan untuk menanam sayuran. Namun, ia diduga kuat melakukan hal itu agar dapat membeli pupuk kimia tanpa menimbulkan kecurigaan.

Sebuah koperasi pertanian di Norwegia mengatakan, pada Mei 2011, Behring Breivik menerima pengiriman enam ton pupuk yang mungkin digunakan untuk membuat bom.

Setelah merakit bomnya di Oslo, ia melakukan penembakan brutal pada pertemuan sekolah musim panas yang diselenggarakan Partai Buruh berkuasa kubu Perdana Menteri Jens Stoltenberg di sebuah pulau dekat Utoeya, Jumat (22/7/2011). Serangan itu menewaskan 69 orang, sebagian besar di antaranya remaja.

Selama diinterogasi polisi, Breivik mengatakan bahwa ia memikirkan "target lain" pada hari itu. Media setempat meyakini bahwa ia berencana menyerang istana dan markas Partai Buruh. Breivik kini ditahan dalam penjara dengan tingkat keamanan tinggi di dekat Oslo. Ia mengaku melakukan serangan tersebut dan mengklaim bertindak sendirian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com