Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Islam Janji Bantu Somalia

Kompas.com - 18/08/2011, 01:40 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com — Negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OIC) menjanjikan bantuan sebesar 350 juta dollar AS untuk para korban kelaparan di Somalia. Kesepakatan para anggota OIC itu berlangsung pada pertemuan puncak darurat di Istanbul.

Sekretaris Jenderal OIC Ekmeleddin Ihsanoglu berharap bantuan itu akan segera meningkat menjadi 500 juta dollar AS. Ia juga mendesak negara-negara donor untuk memperbaiki keamanan jangka panjang bagi Somalia dengan membantu negara tersebut membangun kembali prasarana dan pertanian. Saat ini terdapat 3,7 juta penduduk Somalia terancam kelaparan.

"Kami menjanjikan bantuan 350 juta dollar AS. Kami berharap akan menaikkan komitmen itu menjadi 500 juta dollar AS dalam waktu dekat," kata Ihsanoglu dalam jumpa pers pada akhir pertemuan puncak itu, Rabu (17/8/2011).

Sementara itu, Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan menyerukan bantuan untuk Somalia dan mengecam arogansi dunia Barat karena mengabaikan penderitaan kaum miskin. Dalam pidato yang mengecam kapitalisme negara-negara Barat, Erdogan mengatakan bahwa kelaparan Somalia merupakan ujian, tidak hanya bagi Muslim, tetapi juga seluruh umat manusia.

"Jika Anda mengendarai mobil mewah, maka Anda harus bermurah hati kepada orang-orang yang berjuang mengatasi kelaparan," katanya kepada para menteri luar negeri OIC, yang beranggotakan 57 negara, pada pertemuan puncak darurat di Istanbul.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton pada pekan lalu mengatakan, negaranya akan memberikan bantuan tambahan senilai 17 juta dollar AS untuk mengatasi kelaparan di Somalia dan negara tetangga yang mengalami kekeringan. Dengan demikian, jumlah bantuan kemanusiaan AS untuk kawasan itu mencapai lebih dari 580 juta dollar AS pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com