Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Muda Ramai-ramai Rampok Minimarket

Kompas.com - 17/08/2011, 08:15 WIB

MARYLAND, KOMPAS.com - Sekelompok anak muda, yang diduga telah terorganisir melalui internet merampok sebuah minimarket di Maryland, Amerika Serikat, hanya dalam waktu kurang dari semenit.

Dalam rekaman kamera tersembunyi, sepasang muda-mudi terlihat memasuki minimarket 7-Eleven di kawasan Germantown, Montgomery, Sabtu (13/8/2011) pukul 01.47 waktu setempat. Hanya dalam hitungan detik, belasan orang pria dan wanita masuk ke dalam toko dan langsung mengambil barang-barang di rak maupun mesin pendingin dalam toko. Polisi mengatakan, orang-orang itu kemudian meninggalkan toko secara bersamaan, tanpa membayar satu pun barang yang diambilnya.

"Sedikitnya 28 orang berbeda" nyata-nyata terlihat dalam video rekaman tersebut, kata Kapten Paul Starks kepada CNN, Selasa (16/8/2011). Aparat kepolisian setempat kemudian mengunggah video tersebut ke situs YouTube.com dan meminta bantuan publik untuk mengidentifikasi pelaku.

"Kami mendapat masukan dari beberapa sumber dari komunitas yang melihat video, yang peduli, dan menelepon polisi dengan menyampaikan saran-saran," kata Stark.

Beberapa tersangka kini telah teridentifikasi, tapi polisi belum menangkap mereka. Polisi berharap masyarakat yang mengetahui kediaman mereka dapat memberitahukannya kepada penegak hukum.

Polisi juga belum dapat memastikan apakah tindakan para pelaku terorganisir. Stark meyakini bahwa kriminalitas ini berlangsung karena dukungan komunikasi via internet.

Pengerahan massa seperti ini biasanya dilakukan melalui situs jejaring sosial, e-mail, atau pesan berantai. Anggotanya seringkali anak muda yang kerap melakukan pertemuan atau kopi darat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com