Anak Muda Ramai-ramai Rampok Minimarket

Kompas.com - 17/08/2011, 08:15 WIB
EditorLaksono Hari W

MARYLAND, KOMPAS.com - Sekelompok anak muda, yang diduga telah terorganisir melalui internet merampok sebuah minimarket di Maryland, Amerika Serikat, hanya dalam waktu kurang dari semenit.

Dalam rekaman kamera tersembunyi, sepasang muda-mudi terlihat memasuki minimarket 7-Eleven di kawasan Germantown, Montgomery, Sabtu (13/8/2011) pukul 01.47 waktu setempat. Hanya dalam hitungan detik, belasan orang pria dan wanita masuk ke dalam toko dan langsung mengambil barang-barang di rak maupun mesin pendingin dalam toko. Polisi mengatakan, orang-orang itu kemudian meninggalkan toko secara bersamaan, tanpa membayar satu pun barang yang diambilnya.

"Sedikitnya 28 orang berbeda" nyata-nyata terlihat dalam video rekaman tersebut, kata Kapten Paul Starks kepada CNN, Selasa (16/8/2011). Aparat kepolisian setempat kemudian mengunggah video tersebut ke situs YouTube.com dan meminta bantuan publik untuk mengidentifikasi pelaku.

"Kami mendapat masukan dari beberapa sumber dari komunitas yang melihat video, yang peduli, dan menelepon polisi dengan menyampaikan saran-saran," kata Stark.

Beberapa tersangka kini telah teridentifikasi, tapi polisi belum menangkap mereka. Polisi berharap masyarakat yang mengetahui kediaman mereka dapat memberitahukannya kepada penegak hukum.

Polisi juga belum dapat memastikan apakah tindakan para pelaku terorganisir. Stark meyakini bahwa kriminalitas ini berlangsung karena dukungan komunikasi via internet.

Pengerahan massa seperti ini biasanya dilakukan melalui situs jejaring sosial, e-mail, atau pesan berantai. Anggotanya seringkali anak muda yang kerap melakukan pertemuan atau kopi darat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X