Israel Tembak Mati Pemuda Palestina

Kompas.com - 17/08/2011, 04:41 WIB
EditorLaksono Hari W

GAZA CITY, KOMPAS.com - Pasukan tentara Israel menembak mati seorang pemuda Palestina yang tengah mendekati garis perbatasan kedua negara, Selasa (16/8/2011).

Petugas medis dan saksi mata sebelumnya melaporkan pemuda tersebut berusia 17 tahun. Namun, keluarganya memastikan bahwa pria tersebut bernama Mohammed al-Majdalali (22 tahun).

Saksi mengatakan, Majdalali mendekati pagar perbatasan di sisi utara kamp pengungsi Maghazi di pusat Jalur Gaza. Keluarganya menegaskan bahwa Majdalali bukan anggota kelompok bersenjata.

Juru bicara militer Israel mengaku bahwa "tentara (Israel) melepas tembakan ke arah orang yang diduga mendekati pagar perbatasan di sektor ini dan mengenainya." Ia tidak mengatakan apakah korban membawa senjata ataupun bahan peledak.

Tentara Israel melepaskan tembakan sistematis terhadap warga Palestina yang berusaha mendekati pagar pembatas yang memisahkan Jalur Gaza dari wilayah kaum Yahudi. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah serangan terhadap pasukan patroli, upaya penyusupan, maupun rencana pengeboman.

Penembakan tersebut terjadi beberapa jam setelah petugas medis Palestinian melaporkan bahwa seorang pria terbunuh dan tujuh orang terluka setidaknya dalam empat serangan udara Israel melintasi Jalur Gaza, Selasa dini hari. Israel mengatakan bahwa pesawat militer mereka telah mengincar empat kawasan di jalur tersebut sebagai respons atas penembakan roket Grad dari wilayah teritorial Palestina ke wilayah selatan Israel.

Militer Israel tidak menyebutkan secara spesifik mengenai tempat-tempat yang menjadi target mereka, tapi sumber-sumber di Palestina mengatakan ada lima serangan udara di sepanjang Gaza. Tiga di antaranya menghantam target di timur Gaza City, termasuk lingkungan Zeitun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.