Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Tembak Mati Pemuda Palestina

Kompas.com - 17/08/2011, 04:41 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Pasukan tentara Israel menembak mati seorang pemuda Palestina yang tengah mendekati garis perbatasan kedua negara, Selasa (16/8/2011).

Petugas medis dan saksi mata sebelumnya melaporkan pemuda tersebut berusia 17 tahun. Namun, keluarganya memastikan bahwa pria tersebut bernama Mohammed al-Majdalali (22 tahun).

Saksi mengatakan, Majdalali mendekati pagar perbatasan di sisi utara kamp pengungsi Maghazi di pusat Jalur Gaza. Keluarganya menegaskan bahwa Majdalali bukan anggota kelompok bersenjata.

Juru bicara militer Israel mengaku bahwa "tentara (Israel) melepas tembakan ke arah orang yang diduga mendekati pagar perbatasan di sektor ini dan mengenainya." Ia tidak mengatakan apakah korban membawa senjata ataupun bahan peledak.

Tentara Israel melepaskan tembakan sistematis terhadap warga Palestina yang berusaha mendekati pagar pembatas yang memisahkan Jalur Gaza dari wilayah kaum Yahudi. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah serangan terhadap pasukan patroli, upaya penyusupan, maupun rencana pengeboman.

Penembakan tersebut terjadi beberapa jam setelah petugas medis Palestinian melaporkan bahwa seorang pria terbunuh dan tujuh orang terluka setidaknya dalam empat serangan udara Israel melintasi Jalur Gaza, Selasa dini hari. Israel mengatakan bahwa pesawat militer mereka telah mengincar empat kawasan di jalur tersebut sebagai respons atas penembakan roket Grad dari wilayah teritorial Palestina ke wilayah selatan Israel.

Militer Israel tidak menyebutkan secara spesifik mengenai tempat-tempat yang menjadi target mereka, tapi sumber-sumber di Palestina mengatakan ada lima serangan udara di sepanjang Gaza. Tiga di antaranya menghantam target di timur Gaza City, termasuk lingkungan Zeitun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com