Bom Meledak Saat Buka Puasa

Kompas.com - 17/08/2011, 02:11 WIB
EditorLaksono Hari W

KANDAHAR, KOMPAS.com — Sebuah bom yang dipasang pada sepeda motor meledak di pasar sayur di Afganistan selatan, Selasa (16/8/2011) petang waktu setempat. Sedikitnya delapan orang tewas dalam insiden yang terjadi saat penduduk negara tersebut sedang berbuka puasa.

Ketua Dewan Provinsi Uruzgan Amanullah Otaq mengatakan, sepeda motor itu diparkir di pasar di Distrik Dihrawud. Amanullah menyebutkan, korban tewas sebanyak delapan orang, sementara puluhan orang luka-luka.

Juru bicara Provinsi Uruzgan, Hamid Milad Mudasir, membenarkan adanya insiden tersebut. Namun, ia belum dapat memastikan berapa jumlah orang yang tewas dalam kejadian tersebut karena banyak anggota keluarga membawa jenazah korban setelah serangan tersebut.

Ledakan ini merupakan insiden terkini dalam serangkaian serangan di Afganistan selatan yang terus bergolak. Di wilayah ini, pasukan Taliban kembali menentang aksi gabungan yang digalang pasukan Amerika Serikat dan NATO untuk menumpas pemberontakan.

Tak jauh dari Provinsi Kandahar, seorang pria bersenjata membunuh Rabia Sadat, seorang wanita yang bekerja di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Provinsi Kandahar, dalam perjalanannya ke tempat kerja di Kandahar. Ayah Rabia, Sayed Hussein Sadat, mengatakan, putrinya ditembak dua kali saat hendak masuk ke mobil di luar rumahnya, Selasa pagi.

Juru bicara Provinsi Kandahar, Zalmai Ayubi, mengatakan, motif pembunuhan itu tidak diketahui secara jelas. Sadat mengaku tidak mengetahui adanya ancaman terhadap putrinya. Gerilyawan Taliban berulang kali menyerang pegawai negeri ataupun wanita yang bekerja di perkantoran atau sekolah.

Pada hari yang sama, NATO mengatakan, salah satu pesawat kargo bertabrakan dengan sebuah pesawat pengintai di Afganistan timur pada hari sebelumnya. Juru bicara NATO di Afganistan, Pietro D'Angelo, mengungkapkan, pesawat C-130 melakukan pendaratan darurat di dekat pangkalan militer, tetapi hanya rusak ringan dan tidak ada korban yang terluka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.