Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinggi Militer China Kunjungi Israel

Kompas.com - 15/08/2011, 09:36 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Kepala Staf Militer China, Jenderal Chen Bingde, Minggu (14/8/2011), bertemu dengan mitranya dari Israel, Jenderal Benny Gantz dan Menteri Pertahanan Ehud Barak di Tel Aviv. Sebuah pernyataan dari kementerian pertahanan Israel menyebutkan,  "Menteri Pertahanan dan Kepala Staf  Militer China membahas situasi di wilayah itu, hubungan-hubungan dengan Otoritas Palestina dan situasi di Pakistan dan Iran, serta perang melawan terorisme global."

Seorang jurubicara militer Israel sebelumnya menyatakan, selama perjalanannya, Chen akan bertemu dengan para pejabat keamanan senior dan menghadiri brifing strategis dan keamanan, mengunjungi IDF Urban Warfare Training Centre, dan mengamati pelatihan pasukan IDF (pasukan pertahanan Israel). Radio militer Israel menggambarkan kunjungan itu sebagai  'bersejarah". Namun militer Israel menolak untuk mengatakan berapa lama Chen akan berada di negara itu.

Juni lalu Ehud Barak melakukan kunjungan yang langka ke Beijing. Saat itu Barak berbicara dengan para pemimpin China. Kunjungan itu atas undangan mitranya dari China, Liang Guanglie.

Kerjasama pertahanan antara kedua negara sempat mandeg setelah dua kali intervensi AS yang menggangalkan perjanjian perdagangan senjata antara Israel dengan China. Pertama terkait penjualan pesawat mata-mata canggih Phalcon pada tahun 2000. Kedua pada kasus pembelian suku cadang untuk pembangunan pesawat pengintai tanpa awak Israel, Harpy, lima tahun kemudian.

Kunjungan Chen terjadi saat Israel tengah berusaha untuk meyakinkan masyarakat internasional agar menentang upaya Palestina mendapat pengakuan PBB di Majelis Umum PBB pada bulan September. Di masa lalau, Israel juga mencari dukungan China,  salah satu anggota kunci di Dewan Keamanan PBB, untuk memberikan tindakan lebih keras terhadap program nuklir Iran yang kontroversial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com