Petinggi Militer China Kunjungi Israel

Kompas.com - 15/08/2011, 09:36 WIB
EditorEgidius Patnistik

JERUSALEM, KOMPAS.com - Kepala Staf Militer China, Jenderal Chen Bingde, Minggu (14/8/2011), bertemu dengan mitranya dari Israel, Jenderal Benny Gantz dan Menteri Pertahanan Ehud Barak di Tel Aviv. Sebuah pernyataan dari kementerian pertahanan Israel menyebutkan,  "Menteri Pertahanan dan Kepala Staf  Militer China membahas situasi di wilayah itu, hubungan-hubungan dengan Otoritas Palestina dan situasi di Pakistan dan Iran, serta perang melawan terorisme global."

Seorang jurubicara militer Israel sebelumnya menyatakan, selama perjalanannya, Chen akan bertemu dengan para pejabat keamanan senior dan menghadiri brifing strategis dan keamanan, mengunjungi IDF Urban Warfare Training Centre, dan mengamati pelatihan pasukan IDF (pasukan pertahanan Israel). Radio militer Israel menggambarkan kunjungan itu sebagai  'bersejarah". Namun militer Israel menolak untuk mengatakan berapa lama Chen akan berada di negara itu.

Juni lalu Ehud Barak melakukan kunjungan yang langka ke Beijing. Saat itu Barak berbicara dengan para pemimpin China. Kunjungan itu atas undangan mitranya dari China, Liang Guanglie.

Kerjasama pertahanan antara kedua negara sempat mandeg setelah dua kali intervensi AS yang menggangalkan perjanjian perdagangan senjata antara Israel dengan China. Pertama terkait penjualan pesawat mata-mata canggih Phalcon pada tahun 2000. Kedua pada kasus pembelian suku cadang untuk pembangunan pesawat pengintai tanpa awak Israel, Harpy, lima tahun kemudian.

Kunjungan Chen terjadi saat Israel tengah berusaha untuk meyakinkan masyarakat internasional agar menentang upaya Palestina mendapat pengakuan PBB di Majelis Umum PBB pada bulan September. Di masa lalau, Israel juga mencari dukungan China,  salah satu anggota kunci di Dewan Keamanan PBB, untuk memberikan tindakan lebih keras terhadap program nuklir Iran yang kontroversial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.