Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MILF Hentikan Serangan Pada Gerilyawan

Kompas.com - 14/08/2011, 15:54 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Juru bicara Kelompok pemberontak muslim terbesar di Filipina, Moro Islamic Liberation Front (MILF), Von Al Haq, Minggu (14/8/2011), menyatakan, pihaknya telah memerintahkan salah seorang komandan militer mereka di lapangan untuk menghentikan serangan atas kelompok gerilyawan musuh mereka.

Hal itu dilakukan, untuk mengakhiri sengketa lahan yang terjadi selama ini di antara keduanya, yang juga telah memakan korban 14 orang kombatan.

Haq meminta Komandan Adzme Kasim bertahan, untuk menghentikan sejumlah bentrokan sporadis yang dalam sepekan terakhir terjadi di kawasan selatan Kota Datu Piang. Musuh mereka itu adalah kelompok sempalan bekas MILF yang memisahkan diri.

Juru bicara komandan militer kawasan, Kolonel Prudencio Asto, menyatakan, pertikaian selama ini telah membunuh sedikitnya 14 orang kombatan di antara mereka. Pertikaian sekaligus juga memaksa sedikitnya 3.000 orang penduduk mengungsi keluar dari kawasan pertikaian.

Asto juga menambahkan, saat ini pasukan pemerintah masih memilih untuk tidak ikut campur dan memantau saja dari kejauhan. (AP/DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com