Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal Taiwan "Bakar" Kapal Induk China

Kompas.com - 12/08/2011, 10:29 WIB

BERITA FOTO- Pada hari yang sama dengan uji peluncuran perdana kapal induk pertama milik China, Taiwan secara sengaja juga memamerkan rudal yang mereka klaim sebagai "pembunuh kapal induk". Pameran rudal bernama Hsiung Feng III ini dilakukan di Taipei, Rabu (10/8) waktu setempat.

Kehadiran rudal sepanjang enam meter penghancur kapal induk ini telah dibahas di beberapa forum online yang khusus membicarakan masalah pertahanan kawasan. Salah satunya adalah Bharat Rakshak, situs konsorsium pertahanan India. Kehadiran Hsiung Feng III dan juga kapal induk Varyag yang semula dibangun Rusia pada tahun 1980, menjadi pembicaraan ramai para analis militer.

Menarik disimak, pada foto yang dirilis sejumlah forum dan situs berita online digambarkan Hsiung Feng III dengan latar belakang kapal induk mirip Varyag yang sedang terbakar hebat akibat hantaman rudal Taiwan itu tentunya. Sudah menjadi rahasia umum, lomba senjata antara Taiwan dan China terus berlangsung, baik melalui pameran, parade senjata, atau sekadar pernyataan pemerintah kedua negara.

Akhir-akhir ini militer China secara agresif menunjukkan kekuatannya dan bahkan tidak jarang bersinggungan dengan tentara perbatasan seperti dengan Jepang dan Vietnam.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com