Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boediono Pun "Ditemani" Dua Pesawat Sukhoi

Kompas.com - 12/08/2011, 02:04 WIB

Kehebohan terjadi di pesawat kepresidenan BAe-RJ 85 yang ditumpangi Wakil Presiden Boediono, Rabu (10/8). Semua penumpang berusaha melihat ke luar jendela, karena dua pesawat Sukhoi tampak terbang mengiringi pesawat kepresidenan.

Pesawat baru sekitar 20 menit lepas landas dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, untuk melanjutkan perjalanan ke Manado. Rombongan transit di Makassar setengah jam setelah perjalanan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Informasi pesawat kepresidenan akan ditemani pesawat tempur Sukhoi disampaikan ajudan Wapres, Kolonel (Pnb) Novyan Samyoga. ”Nanti akan ada dua pesawat Sukhoi yang menemani kita,” ujar Novyan kepada rombongan staf protokol Sekretariat Wakil Presiden, anggota Pasukan Pengamanan Presiden, dan wartawan yang bersiap meninggalkan Makassar.

Saat dua pesawat Sukhoi berada tak jauh di sisi belakang kiri pesawat, para penumpang berusaha mendekati jendela di sisi kiri. Mereka berusaha memotret dua pesawat tempur itu dengan telepon seluler dan kamera.

Sebagian besar penumpang meninggalkan tempat duduk. Mereka menuju jendela dan mencari posisi yang paling pas untuk mengambil gambar. Meski tak membawa kamera atau ponsel, Boediono yang duduk di bagian depan pesawat juga berpindah ke sisi kiri.

”Bangga sekali, ya, melihat pesawat itu terbang,” kata Mayor (Pnb) Ardi Syahri, perwira pengamanan penerbangan, yang duduk di deret terbelakang. Pesawat Sukhoi yang terlihat gagah terbang dengan latar belakang gumpalan awan putih dan langit nan biru. Pilot pesawat tempur, lengkap dengan helm berkaca hitam, terlihat jelas.

”Coba uang untuk Nazaruddin (Muhammad Nazaruddin, tersangka kasus dugaan suap wisma atlet SEA Games) dipakai beli Sukhoi. Kita bisa punya Sukhoi banyak,” ujar seorang penumpang. Wartawan pun tertawa. Selama 10 menit, dua Sukhoi menemani pesawat kepresidenan, sebelum kembali menuju Makassar.

Setelah pesawat Sukhoi tak tampak, tidak semua penumpang kembali ke tempat duduk. Sejumlah penumpang saling memamerkan foto Sukhoi yang mereka ambil. Staf Khusus Wapres Yopie Hidayat pun berjalan ke arah kursi wartawan. ”Bagus, kan?” katanya sambil memperlihatkan foto Boediono sedang duduk dengan latar belakang pesawat Sukhoi. (ATO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com