TNI Promosi Budaya di Lebanon

Kompas.com - 10/08/2011, 21:53 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

LEBANON SELATAN, KOMPAS.com - Batalyon Indonesia (Indobatt) Kontingen Garuda XXIII-E/Unifil menggelar promosi budaya di Lebanon, Selasa (9/8/2011). Promosi budaya digelar di sekolah-sekolah di wilayah Kleya, Marjayoun, Lebanon Selatan.

Dalam edaran pers Mabes TNI disebutkan, acara bertajuk "Summer Camp 2011" dibagi dalam dua sesi yang dimulai sejak pukul 09.00-14.00 waktu setempat.

Acara dipimpin Komandan Indobatt Letkol (Inf) Hendy Antariksa dan kepala sekolah Antoine Khourg yang dihadiri lebih dari 300 siswa di wilayah Marjayoun. Para prajurit TNI dipandu penerjemah bahasa Inggris Mayor Sus Harianto, dokter Indobatt Lettu (Kes) Bhayu Rizallinoor, penerjemah lokal Safika dan Yahya, memperkenalkan berbagai kebudayaan asli Indonesia.

Pertunjukan diawali para prajurit wanita TNI membawakan Tari Srikandi, disusul dengan Tari Sisingaan dan Reog Ponorogo. Selain itu juga digelar berbagai perlombaan khas Indonesia, di antaranya, balap kelereng, balap Bakiak dan lomba memasukkan pensil dalam botol.

Anak-anak Lebanon antusias mengikuti Tari Sisingaan yang dibawakan oleh prajurit Kompi Bravo Indobatt. Para bocah antri untuk bisa naik di atas Singa yang dipanggul oleh penari.

Selesai di halaman sekolah, acara dilanjutkan di dalam gedung, diawali dengan tampilnya prajurit TNI dengan mempersembahkan Rampak Gendang, kemudian dirangkai dengan sebuah lagu Lebanon yang dinyanyikan oleh Tatiana (11 th), diiringi dengan alat musik angklung dan permainan sulap.

Pada kesempatan itu, Mayor Sus Harianto juga memperkenalkan Indonesia kepada anak-anak yang hadir, dimulai dengan bendera Merah Putih, lambang Negara Indonesia, Presiden Indonesia, Kepulauan Indonesia dengan berbagai macam adat dan budayanya serta diakhiri dengan pemutaran film tentang Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasukan TNI membagikan mainan anak-anak yang disambut dengan antusias. Kontingen Garuda bertugas di Lebanon Selatan yang menjadi perbatasan Israel dengan Lebanon.

Kawasan itu sering dilanda konflik terutama sengketa antara kelompok Hisbullah dukungan Iran dengan kubu Israel Defense Force (IDF). 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.