Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khamis Khafady Masih Hidup?

Kompas.com - 10/08/2011, 14:53 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Televisi pemerintah Libya, Selasa (9/8/2011), menayangkan apa yang dikatakan cuplikan rekaman putra Moamar Khadafy, Khamis Khadafy, yang pekan lalu disebut oposisi telah tewas. Cuplikan gambar dalam tayangan itu memperlihatkan Khamis ketika mengunjungi warga Libya yang terluka dalam serangan udara di timur Tripoli.

Pemerintah Libya membantah klaim oposisi bahwa Khamis, komandan dari salah satu pasukan Khadafy yang paling setia dan  dilengkapi senjata terbaik, telah terbunuh oleh serangan udara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di dekat Zlitan. TV Libya mengatakan, rekaman yang ditanyangkan itu diambil, Selasa.

Jika asli, itu akan menjadi bukti visual pertama bahwa Khamis Khadafy masih hidup. Ia mengenakan seragam militer dan baret oranye dengan sikap yang sangat mirip dengan Khamis. Seorang pria terdengar sedang mengobrol dengan orang-orang di sekitarnya, yang dikatakan terluka sebelumnya pada Selasa dalam serangan udara NATO terhadap rumah-rumah petani di dekat Zlitan.

Pemerintah mengatakan, puluhan warga sipil tewas dalam serangan itu. NATO mengatakan, pihaknya menghantam target militer yang sah dan menyelidiki insiden itu. "Mereka membom rumah. Padahal anda tidak berharap akan dibom," kata Khamis ketika menanyai seorang wanita yang berbaring di tempat tidur rumah sakit.

Berita-berita yang dilansir dari Benghazi sebelumnya menyatakan bahwa putra pemimpin Libya tersebut tewas dalam satu serangan udara NATO di kota barat Zlitan, yang juga menyebabkan kematian sekitar 30 orang lainnya, kata juru bicara oposisi.

Khamis adalah komandan Brigade ke-32 Libya, salah satu kekuatan Khadafy yang paling diandalkan, yang telah dikerahkan di Zlitan, daerah perkotaan terbesar antara Misrata dan ibu kota Tripoli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com