Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka, Jalur Baru Korut-Malaysia

Kompas.com - 10/08/2011, 02:39 WIB

SEOUL, SELASA - Pemerintah Korea Utara berencana membuka jalur penerbangan langsung dari dan menuju Malaysia mulai pekan depan. Hal tersebut dilakukan untuk menarik turis asing agar datang ke negeri mereka, termasuk dari Malaysia.

Rute penerbangan dengan pesawat carteran itu akan menghubungkan Pyongyang dan Kuala Lumpur. Menurut otoritas terkait Korut, Selasa (9/8), rencananya penerbangan perdana menuju Pyongyang akan dimulai Jumat pekan ini.

Sebelumnya Korut diketahui juga membuka rute penerbangan untuk turis dari China, seperti dari Beijing mulai 1 Juli dan kota Xian mulai 28 Juli lalu.

”Banyak turis telah berkunjung (ke Korut) dengan mencarter pesawat udara. Pelancong dari China diizinkan berkunjung menikmati pemandangan di beberapa lokasi wisata dan juga mendatangi sejumlah monumen. Mereka tidak perlu visa,” ujar pejabat kantor berita Korut, KCNA.

Pariwisata Korut sudah hidup sejak lama. Sejak tahun 1998, lokasi Gunung Kumgang sudah menjadi salah satu tujuan wisata mengingat keberadaannya juga sebagai simbol rekonsiliasi kedua Korea.

Sektor pariwisata terbukti mendatangkan puluhan juta dollar AS bagi Korut. Hal itu tentunya sangat berarti bagi negara komunis tersebut, yang saat ini mengalami kebangkrutan akibat perekonomiannya yang salah urus ditambah lagi persoalan kelaparan banyak warga negaranya.

Namun setelah 10 tahun berjalan, pihak Korea Selatan memutuskan menghentikan pengiriman turis ke sana hingga batas waktu tak ditentukan. Hal itu terjadi menyusul penembakan yang dilakukan seorang prajurit Korut terhadap seorang turis Korsel. Turis Korsel itu mati tertembak pada Juli 2008.

Insiden itu memicu ketegangan Korsel dan Korut yang memang kerap bersitegang pascaPerang Korea, yang berlangsung tiga tahun (1950-1953). Perang itu terhenti dengan adanya gencatan senjata, tetapi secara resmi belum pernah dinyatakan selesai.

Sementara itu. kantor berita Korsel, Yonhap, mengabarkan, salah satu maskapai penerbangan Korut, Air Koryo, diketahui telah menambah jumlah penerbangan reguler mereka untuk melayani jalur Pyongyang-Shengyang. Kota Shengyang adalah kota di timur laut China.

Pemberitaan itu didasari kesaksian seorang pejabat salah satu kelompok pemberi bantuan, yang menceritakan dirinya melihat banyak turis China dan orang asing juga menginap di hotelnya saat dia berkunjung ke Pyongyang pekan lalu.

”Sepertinya jalur penerbangan itu melonjak peminatnya lantaran festival perayaan Arirang yang dimulai 1 Agustus,” ujar pejabat itu.

Festival tahunan itu dimulai tahun 2002 dan biasanya melibatkan puluhan ribu rakyat Korut, termasuk anak-anak. Mereka memperagakan senam akrobatik, tarian, dan peragaan kartu berisi pesan politik.

(AFP/DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com