Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tenda Hajatan di KBRI Johor Bahru

Kompas.com - 09/08/2011, 11:40 WIB

 

BATAM, KOMPAS.com- Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru telah memasang tenda hajatan di halaman komplek kantornya. Hal ini untuk mengantisipasi banyaknya tenaga kerja Indonesia tak berdokumen atau sering disebut TKI ilegal yang datang berbondong-bondong untuk mengurus perizinan.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru Malaysia, Jonas Lumban Tobing, Selasa (9/8/2011), menyatakan, sejak 1 Agustus banyak TKI tak berdokumen yang mendatangi kantor KJRI. Ini menyusul program pemutihan untuk pendatang asing tak berizin yang diberlakukan Pemerintah Malaysia.

Karena banyaknya TKI yang datang, maka kami memasang tenda agar mereka tidak kepanasan. Kapasitas tendanya sekitar 1.000 orang, kata Tobing.

Hari-hari ini, Tobing melanjutkan, KJRI rata-rata melayani 300 sampai 700 TKI per hari. Trennya semakin meningkat dari hari ke hari apalagi saat ini bertepatan dengan masa menjelang lebaran.

Diperkirakan akan ada sekitar 200.000 TKI tak berdokumen di Malaysia yang akan pulang ke Indonesia dalam waktu dekat ini. Dengan adanya program pemutihan tersebut, mereka yang tak memiliki dokumen bisa pulang lewat jalur resmi dan tanpa dikenai sanksi oleh pemerintah setempat asalkan mengurus perizinan di kantor imigrasi setempat dan di KJRI.

Ada pula TKI tak berdokumen yang tetap ingin bekerja di Malaysia. M ereka juga bisa mengajukan perizinan sebagaimana ditentukan dalam program pemutihan. Salah satu syaratnya adalah sektor-sektor tempat mereka bekerja mendapat izin merekrut pendatang asing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com