Heli AS Terperangkap Jebakan Taliban

Kompas.com - 08/08/2011, 15:54 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

KABUL, KOMPAS.com - Seorang pejabat militer Afganistan mengatakan, Senin (8/8/2011), jatuhnya heli CH-47 Chinook milik AS yang menewaskan 38 orang di dalamnya, Jumat pekan lalu, terjadi karena pasukan AS tersebut terperangkap jebakan yang dipasang Taliban.

"Sekarang sudah terkonfirmasi bahwa helikopter itu ditembak jatuh dan itu adalah jebakan yang sengaja dipasang komandan Taliban," tutur pejabat militer yang minta identitasnya dirahasiakan itu kepada kantor berita Agence France Presse (AFP).

Menurut dia, yang mengutip data intelijen seputar insiden tersebut, seorang komandan Taliban bernama Qari Tahir, sengaja membocorkan informasi kepada pasukan AS bahwa sebuah pertemuan para petinggi Taliban akan dilaksanakan di sebuah rumah di lembah Tangi Joy Zarin, Distrik Sayd Abad, Provinsi Wardak, sekitar 97 kilometer sebelah barat daya kota Kabul, Jumat malam pekan lalu.

"(Orang-orang) Taliban itu tahu rute mana yang akan diambil helikopter, karena itu satu-satunya rute yang memungkinkan. Jadi mereka mengambil posisi di kedua sisi lembah dan begitu heli mendekat, mereka menyerang dengan roket dan berbagai senjata modern lainnya. Heli itu jatuh setelah ditembak beberapa kali," tutur pejabat tersebut sambil menambahkan Tahir dibantu oleh empat gerilyawan asal Pakistan.

Menurut pejabat tersebut, pemerintah Afganistan menduga jebakan Taliban ini merupakan serangan balas dendam atas tewasnya pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, Mei lalu. Beberapa media AS menyebut, 22 korban tewas di dalam helikopter itu adalah anggota SEAL Team Six, kesatuan elit Navy SEALs yang menyerbu dan menewaskan Osama. Meski demikian, tak satu pun korban tewas terlibat langsung dalam serangan di Abbottabad tersebut.

Belum jelas apakah pihak Taliban sudah mengetahui sebelumnya bahwa pasukan elit tersebut akan ada di heli itu. Sebelumnya, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid bahkan tidak mengklaim serangan tersebut sebagai sebuah jebakan yang sengaja dipasang Taliban.

Keterangan pejabat militer Afganistan ini berbeda dengan keterangan pejabat militer AS yang dikutip Associated Press (AP). Menurut pihak AS, heli tersebut datang ke lokasi tersebut dalam misi mengirim bala bantuan dan pertolongan terhadap pasukan Rangers AS yang terpojok dalam sebuah pertempuran dengan Taliban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihak NATO sendiri masih menegaskan bahwa penyebab pasti jatuhnya Chinook di Wardak itu masih dalam penyelidikan.

Sementara itu, Senin pagi ini, sebuah heli Chinook lainnya dilaporkan melakukan "pendaratan keras" di Provinsi Paktya di dekat perbatasan Afganistan-Pakistan. Taliban mengklaim heli itu jatuh setelah mereka tembak, tetapi pihak NATO menegaskan tidak ada aktivitas musuh di lokasi tempat pendaratan heli. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.