Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heli AS Terperangkap Jebakan Taliban

Kompas.com - 08/08/2011, 15:54 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Seorang pejabat militer Afganistan mengatakan, Senin (8/8/2011), jatuhnya heli CH-47 Chinook milik AS yang menewaskan 38 orang di dalamnya, Jumat pekan lalu, terjadi karena pasukan AS tersebut terperangkap jebakan yang dipasang Taliban.

"Sekarang sudah terkonfirmasi bahwa helikopter itu ditembak jatuh dan itu adalah jebakan yang sengaja dipasang komandan Taliban," tutur pejabat militer yang minta identitasnya dirahasiakan itu kepada kantor berita Agence France Presse (AFP).

Menurut dia, yang mengutip data intelijen seputar insiden tersebut, seorang komandan Taliban bernama Qari Tahir, sengaja membocorkan informasi kepada pasukan AS bahwa sebuah pertemuan para petinggi Taliban akan dilaksanakan di sebuah rumah di lembah Tangi Joy Zarin, Distrik Sayd Abad, Provinsi Wardak, sekitar 97 kilometer sebelah barat daya kota Kabul, Jumat malam pekan lalu.

"(Orang-orang) Taliban itu tahu rute mana yang akan diambil helikopter, karena itu satu-satunya rute yang memungkinkan. Jadi mereka mengambil posisi di kedua sisi lembah dan begitu heli mendekat, mereka menyerang dengan roket dan berbagai senjata modern lainnya. Heli itu jatuh setelah ditembak beberapa kali," tutur pejabat tersebut sambil menambahkan Tahir dibantu oleh empat gerilyawan asal Pakistan.

Menurut pejabat tersebut, pemerintah Afganistan menduga jebakan Taliban ini merupakan serangan balas dendam atas tewasnya pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, Mei lalu. Beberapa media AS menyebut, 22 korban tewas di dalam helikopter itu adalah anggota SEAL Team Six, kesatuan elit Navy SEALs yang menyerbu dan menewaskan Osama. Meski demikian, tak satu pun korban tewas terlibat langsung dalam serangan di Abbottabad tersebut.

Belum jelas apakah pihak Taliban sudah mengetahui sebelumnya bahwa pasukan elit tersebut akan ada di heli itu. Sebelumnya, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid bahkan tidak mengklaim serangan tersebut sebagai sebuah jebakan yang sengaja dipasang Taliban.

Keterangan pejabat militer Afganistan ini berbeda dengan keterangan pejabat militer AS yang dikutip Associated Press (AP). Menurut pihak AS, heli tersebut datang ke lokasi tersebut dalam misi mengirim bala bantuan dan pertolongan terhadap pasukan Rangers AS yang terpojok dalam sebuah pertempuran dengan Taliban.

Pihak NATO sendiri masih menegaskan bahwa penyebab pasti jatuhnya Chinook di Wardak itu masih dalam penyelidikan.

Sementara itu, Senin pagi ini, sebuah heli Chinook lainnya dilaporkan melakukan "pendaratan keras" di Provinsi Paktya di dekat perbatasan Afganistan-Pakistan. Taliban mengklaim heli itu jatuh setelah mereka tembak, tetapi pihak NATO menegaskan tidak ada aktivitas musuh di lokasi tempat pendaratan heli. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com