Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Dampak Langsung bagi Asia

Kompas.com - 08/08/2011, 09:14 WIB

 

SINGAPURA, KOMPAS.com- Lembaga pemeringkat utang Standard & Poor's Ratings Services dalam siaran persnya yang dikeluarkan Senin (8/8/2011) menyatakan, tidak ada dampak langsung dari penurunan peringkat utang obligasi AS terhadap peringkat obligasi pemerintah di negara-negara Asia Pasifik.  

Perubahan peringkat utang AS dan penurunan kepercayaan terhadap obligasi pemerintah di Eropa, menurut S&P, mengacu pada semakin meningkatnya ketidakpastian dan kesulitan yang dihadapi. Ketidakpastian pasar finansial global dan semakin lemahnya prospek ekonomi pada negara berkembang semakin menipiskan kepercayaan.  

Untuk saat ini, peringkat utang di Asia Pasifik secara umum memiliki prospek stabil. Ini didukung oleh permintaan domestik, perusahaan dan sektor rumah tangga yang relatif baik, banyaknya likuiditas eksternal, serta tingkat simpanan domestik yang cukup tinggi.  

Bagaimanapun juga, karena adanya interkonektifitas pada pasar global, keadaan di negara maju dapat mengubah keadaan di pasar global. Hal itu dapat menarik ekonomi AS dan Eropa ke kontraksi dalam lagi atau semakin lambatnya proses pemulihan ekonomi mereka. Pada skenario ini, pengalaman pada krisis 2008-2009 memperlihatkan negara yang mengantungkan diri pada ekspor terutama ke AS dan Eropa akan mendapatkan dampak paling besar.

Kali ini, tampaknya tidak terlalu berbeda. AS dan Eropa merupakan pasar ekspor yang signifikan bagi negara di Asia Pasifik.  (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com