Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Masih Didukung Hollywood

Kompas.com - 08/08/2011, 08:53 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama dipastikan bakal mencalonkan diri lagi dalam pemilihan presiden Amerika Serikat. Meskipun saat ini dukungan publik terhadapnya turun, Obama masih mendapat dukungan dari kaum selebriti.

Dalam catatan Federal Election Commission (FEC), sejumlah selebriti sudah berkontribusi untuk dana kampanye Obama pada pilpres tahun depan. Tercatat nama George Clooney, Will Ferrell, Tom Hanks, Gwyneth Paltrow, Jennifer Garner, Michael Keaton, dan Eddie Murphy.

Nama lain yang sudah masuk dalam daftar penyumbang dana kampanye adalah Ellen DeGeneres, Alec Baldwin, bintang Glee Jane Lynch, JJ Abrams, Tony Shalhoub, Oliver Platt, dan Anthony Edwards.

Sebenarnya bukan kejutan besar jika kalangan elite Hollywood mendukung calon presiden dari Partai Demokrat. Namun, guyuran dana yang sedini ini tidak diperkirakan.

Dukungan dari Hollywood tidak hanya datang dari para aktor dan sutradara. Para bos besar Hollywood pun sudah masuk dalam daftar penyumbang. Sebut saja Steven Spielberg, Jeffrey Katzenberg (Dreamworks), John Pepper (Disney), dan Brian Grazer.

Terdapat dua wadah untuk menampung dana kampanye Obama, yakni Obama for America (OFA) dan Obama Victory Fun (OVF).

Dana yang terkumpul dalam OFA langsung digunakan untuk kampanye. Namun, dana dari individu dibatasi maksimal 2.500 dollar AS.

Sementara dana OVF akan dibagi dengan Partai Demokrat, tetapi jumlah sumbangan maksimalnya lebih besar untuk invidivu, yakni 35.800 dollar AS per orang.

Sejumlah pesohor mengambil jalan ini. Ferrell, Paltrow, Clooney, Hanks, DeGeneres, Murphy, Spielberg, dan Katzenberg menyumbang dengan jumlah maksimal ke OVF, yakni 35.800 dollar AS.

Bagi para capres, dukungan Hollywood lebih dari sekadar guyuran dana. Mereka bisa menarik ribuan orang dalam setiap kampanye. Selain itu, mereka juga menggelar acara-acara penggalangan dana untuk kalangan berduit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com