Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Selidiki Penyelundupan Radioaktif

Kompas.com - 07/08/2011, 17:25 WIB

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Polda Kepulauan Bangka Belitung menyelidiki kontainer yang diduga berisi bahan berunsur radioaktif. Kontainer itu masih berada di Pelabuhan Pangkal Balam, Pangkal Pinang.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Bangka Belitung Komisaris Besar Martuani Sormin Siregar mengatakan, kontainer diekspor atas nama PD Bangka Global Mandiri. "Kontainer disebutkan mengandung elminit dan zirkon. Dokumen menyebutkan isi kontainernya itu," kata Martuani di Pangkal Pinang, Minggu (7/8/2011).

Namun, polisi mendapat informasi kandungan kontainer tidak hanya dua mineral itu. Selain itu, ekspor dua jenis mineral itu juga seharusnya mendapat izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Pasalnya, mineral-mineral itu termasuk mineral ikutan yang mengandung radioaktif.

Meskipun demikian, polisi tidak bisa memeriksa isi kontainer. Pemeriksaan isi hanya dapat dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Polisi hanya memeriksa dokumen. "Kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penyelidikan lebih lanjut," ujar Martuani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com