Heli AS Jatuh Ditembak RPG

Kompas.com - 06/08/2011, 22:58 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

KABUL, KOMPAS.com - Misteri jatuhnya helikopter AS di Afganistan, yang menewaskan 38 orang di dalamnya, mulai terkuak. Juru bicara pemerintah setempat dan komandan pasukan Afganistan di wilayah itu mengeatakan heli tersebut jatuh setelah dihantam granat berpeluncur roket (RPG) yang ditembakkan pemberontak Taliban.

"Helikopter AS jatuh tadi malam karena ditembak Taliban saat sedang tinggal landas. Roket yang ditembakkan para pemberontak tepat mengenai sasaran dan menghancurkan seketika helikopter tersebut," ungkap Shahidullah Shahid, juru bicara pemerintah Provinsi Wardak, Afganistan timur, tempat insiden tersebut terjadi, Jumat (5/8/2011) malam.

Korban tewas terdiri atas 31 prajurit AS dan 7 prajurit Afganistan. Semuanya berada di dalam helikopter Chinook yang hendak membawa mereka pulang usai menuntaskan satu operasi. Menurut ABC News, sebanyak 25 prajurit AS yang tewas adalah anggota pasukan elit Navy SEALs.

Berdasarkan catatan AFP dan CNN, ini adalah jumlah korban tewas terbesar di pihak pasukan koalisi dalam satu insiden tunggal yang terjadi sejak pasukan koalisi pimpinan AS menyerang Afganistan, 2001.

Menurut keterangan pihak Taliban sebelumnya, mereka sedang menjalankan operasi penyerbuan sebuah rumah tempat berkumpulnya para pemberontak Taliban di Distrik Sayd Abad, Wardak, yang terletak di sebelah barat daya Kabul. Baik Shahid maupun pihak Taliban menyebutkan, delapan pemberontak Taliban tewas dalam serangan tersebut.

Presiden Afganistan Hamid Karzai, Presiden AS Barack Obama, dan Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga pasukan koalisi yang menjadi korban. "Kematian mereka mengingatkan kepada kita pengorbanan luar biasa personel militer kami dan keluarga mereka, termasuk semua personel yang pernah bertugas di Afganistan," ungkap Presiden Obama dalam pernyataan resmi yang dirilis Gedung Putih, Sabtu (6/8/2011).

Hingga saat ini pihak Pentagon maupun NATO belum mengkonfirmasi penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Namun, jika keterangan pejabat Afganistan tersebut benar, kejadian ini seperti mengulang insiden jatuhnya helikopter Chinook pada Juni 2005 di Provinsi Kunar, Afganistan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat itu, empat anggota Navy SEALs terjebak dalam pertempuran tak seimbang dengan ratusan milisi Taliban saat menjalankan Operasi Red Wing, sebuah operasi rahasia yang bertujuan menangkap salah satu pemimpin Taliban.

Saat hendak menyelamatkan para prajurit tersebut, heli Chinook yang berisi delapan anggota resimen penerbangan khusus 160th Special Operation Aviation Regiment (SOAR) dan delapan anggota Navy SEALs lainnya, ditembak jatuh oleh milisi Taliban dengan RPG, menewaskan semua orang di dalamnya. (AFP/CNN/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.