Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penahanan Tymoshenko Diprotes

Kompas.com - 06/08/2011, 17:37 WIB

 

KIEV, KOMPAS.com- Para pendukung Yulia Tymoshenko, Sabtu (6/8/2011), memulai memprotes penahanan mantan Perdana Menteri Ukraina itu dan menyatakan keprihatinan atas penangkapan dramatis itu.

Sehari sebelumnya, Pengadilan Kiev menyetujui Tymoshenko ditahan karena menghina lembaga pengadilan dalam beberapa sidang atas dirinya. Tymoshenko sedang dalam proses hukum terkait dugaan atas penyalahgunaan kekuasaan. Namun dia mengklaim, proses hukum atas dirinya lebih didasarkan atas aksi balas dendam oleh lawan politiknya, yakni Presiden Viktor Yanukovych.

Pada hari Jumat, begitu keluar dari pengadilan, pemimpin oposisi itu diagkut dengan mobil tahanan melalui jalan Kreshchatyk di pusat kota Kiev. Setidaknya 100 pendukung membangun 30 tenda di Kreshchatyk, dekat gedung pengadilan. Mereka bersumpah untuk tetap menggelar aksi duduk-duduk sampai Tymoshenko dibebaskan.

Pria tangan kanan pria Tymoshenko, Olexander Turchinov, memperingatkan pemberontakan tahun 2004 yang disebut Revolusi Oranye di alun-alun Maidan, Kiev bisa terulang. Jika masyarakat turun lagi ke jalan, maka Ukraina bisa memiliki pemerintahan sejati yang ditangani langsung oleh rakyat. Tymoshenko, salah satu pemimpin Revolusi Oranye, kalah tipis dari saingannya lamanya Yanukovych dalam pemilihan presiden tahun lalu. Presiden telah membantah terlibat dalam persidangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com