Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter AS Jatuh, 38 Tewas

Kompas.com - 06/08/2011, 17:06 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Presiden Afganistan Hamid Karzai, Sabtu (6/8/2011), mengatakan, 31 anggota pasukan khusus AS dan tujuh tentara Afganistan tewas akibat helikopter jatuh di Provinsi Wardak, Afganistan Timur. Peristiwa itu disebutkan tadi malam, tetapi tidak dijelaskan secara rinci di mana dan apa penyebabnya.

Sebelumnya, juga diberitakan adanya helikopter NATO yang jatuh dengan satu korban tewas. Heli itu juga diduga milik NATO. Akan tetapi, tidak dijelaskan apakah keduanya peristiwa yang sama.

Menurut Karzai, jumlah korban kecelakaan tersebut merupakan yang terbesar dalam kecelakaan tunggal helikopter di Afganistan.

Karzai mengatakan telah mengirimkan pernyataan turut berduka cita kepada Presiden AS Barack Obama.

Taliban telah mengklaim bertanggung jawab atas musibah itu. Taliban mengatakan, para pejuang mereka telah menembak jatuh helikopter dalam sebuah pertempuran dengan para tentara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Pasukan Bantuan Keamanan Internasional yang dipimpin NATO membenarkan adannya musibah tersebut.

Meski demikian, tidak dijelaskan lebih lanjut apakah benar pesawat itu ditembak jatuh oleh Taliban atau karena kemungkinan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com