Helikopter AS Jatuh, 38 Tewas

Kompas.com - 06/08/2011, 17:06 WIB
EditorMarcus Suprihadi

KABUL, KOMPAS.com — Presiden Afganistan Hamid Karzai, Sabtu (6/8/2011), mengatakan, 31 anggota pasukan khusus AS dan tujuh tentara Afganistan tewas akibat helikopter jatuh di Provinsi Wardak, Afganistan Timur. Peristiwa itu disebutkan tadi malam, tetapi tidak dijelaskan secara rinci di mana dan apa penyebabnya.

Sebelumnya, juga diberitakan adanya helikopter NATO yang jatuh dengan satu korban tewas. Heli itu juga diduga milik NATO. Akan tetapi, tidak dijelaskan apakah keduanya peristiwa yang sama.

Menurut Karzai, jumlah korban kecelakaan tersebut merupakan yang terbesar dalam kecelakaan tunggal helikopter di Afganistan.

Karzai mengatakan telah mengirimkan pernyataan turut berduka cita kepada Presiden AS Barack Obama.

Taliban telah mengklaim bertanggung jawab atas musibah itu. Taliban mengatakan, para pejuang mereka telah menembak jatuh helikopter dalam sebuah pertempuran dengan para tentara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Pasukan Bantuan Keamanan Internasional yang dipimpin NATO membenarkan adannya musibah tersebut.

Meski demikian, tidak dijelaskan lebih lanjut apakah benar pesawat itu ditembak jatuh oleh Taliban atau karena kemungkinan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.