Helikopter NATO Jatuh Lagi di Afganistan

Kompas.com - 06/08/2011, 16:06 WIB
EditorMarcus Suprihadi

 

KABUL, KOMPAS.com- Helikopter pasukan NATO, yang diduga adalah helikopter AS, lagi-lagi jatuh di Afganistan dalam operasi menyerbu kelompok militan Taliban, Jumat (5/8/2011). Menurut pejabat Afganistan, kru helikopter itu tewas.

Juru bicara pemerintah Provinsi Wardak Shahidullah Shahid, Sabtu (6/8/2011), mengatakan, heli itu jatuh saat menjalankan operasi di Distrik Sayd Abad, Provinsi Wardak, Afganistan timur, Jumat malam.

"Delapan pemberontak (Taliban) tewas (dalam operasi itu). Satu helikopter (pasukan) koalisi yang menembaki para pemberontak itu juga jatuh. Kami belum tahu apakah heli itu jatuh karena ditembak pemberontak, tetapi ada beberapa korban pasukan koalisi dalam insiden itu," tutur Shahid.

Juru bicara International Security Assistance Force (ISAF), pasukan koalisi pimpinan NATO di Afganistan, mengakui satu helikopternya jatuh di Afganistan timur. Namun, ia belum bisa memberikan detail jenis dan dari negara mana asal helikopter tersebut.

Sementara juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan heli itu milik militer AS. Mujahid mengatakan dalam pernyataan tertulis bahwa helikopter itu menyerang sebuah rumah di Sayd Abad tempat para milisi Taliban sedang berkumpul.

Mujahid mengakui delapan milisi Taliban tewas dalam serangan itu, tetapi ia juga mengklaim pihak Taliban menembak jatuh helikopter tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Insiden heli NATO jatuh di Afganistan sudah sering terjadi. Salah satu insiden terbaru terjadi 25 Juli lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.