Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hun Sen Beri Selamat Yingluck Shinawatra

Kompas.com - 06/08/2011, 01:49 WIB

PHNOM PENH, KOMPAS.com — Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Jumat (5/8/2011), menulis surat untuk mengucapkan selamat kepada Yingluck Shinawatra karena terpilih sebagai Perdana Menteri Thailand yang ke-28 dan menjadi wanita pertama Perdana Menteri Thailand.

Dalam suratnya tertanggal 5 Agustus 2011 yang dikirim ke Yingluck Shinawatra, Hun Sen mengatakan, atas nama pemerintah dan rakyat Kamboja, dia dengan tulus mengungkapkan kegembiraannya atas terpilihnya Yingluck oleh anggota parlemen menjadi Perdana Menteri Thailand.

"Saya optimistis, melalui komitmen bersama, Yang Mulia dan saya akan dapat mengembalikan persahabatan tradisional kita, menjadi tetangga yang baik, dan mampu menggalang kerja sama yang bermanfaat bagi masyarakat kedua negara kita," kata Perdana Menteri Hun Sen.

"Saya siap untuk bekerja sama dengan Yang Mulia, melayani kepentingan kedua negara dan rakyat kita, serta mencari jalan terbaik untuk memecahkan semua masalah secara damai dalam rangka membawa harmonisasi untuk masa depan bangsa kita. Berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan ini," katanya.

Yingluck Shinawatra (44) adalah adik mantan PM Thaksin Shinawatra dan calon PM dari Partai Pheu Thai. Partai Thaksin Shinawatra, Pheu Thai, menang telak dengan 265 dari 500 kursi parlemen dalam pemilihan umum pada 3 Juli lalu, dan telah membentuk pemerintah koalisi dengan empat partai kecil, yang mengontrol koalisi sekitar 60 persen di kursi DPR.

Kamboja dan Thailand memiliki konflik perbatasan sporadis atas sengketa wilayah dekat kuil Preah Vihear sejak UNESCO mendaftarkan candi abad ke-11 Preah Vihear sebagai Situs Warisan Dunia pada 7 Juli 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com