Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Malapraktik, Tubuh Ratna Melepuh

Kompas.com - 06/08/2011, 00:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Malang benar nasib Ratna Ningsih (22), warga Cibubur Gang Lestari RT 02 RW 02, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Ia diduga menjadi korban malapraktik sehingga sekujur tubuhnya melepuh dan meninggalkan bekas berupa bintik hitam.

Derita itu membuat Ratna kesulitan membuka matanya karena ada luka di bagian tersebut. "Awal mulanya Ratna mengeluh sakit di bagian mata dan panas dingin. Ia pun segera berobat ke Puskesmas Kecamatan Cibubur pada 22 Juli 2011," kata Ketua Forum Warga Kota Jakarta sekaligus Tim Advokasi Ratna Ningsih, Azas Tigor Nainggolan, Jumat (5/8/2011) di Jakarta.

Saat tiba di Puskesmas, Ratna hanya diperiksa oleh perawat jaga yang bertugas malam. Berdasarkan keluhan sakit yang diderita Ratna, perawat tersebut langsung memberikan obat yang harus diminum sesuai petunjuk tanpa menanyakan apakah Ratna memiliki kecenderungan alergi obat tertentu.

Namun, apa mau dikata, tubuh Ratna bereaksi sebaliknya. Rasa sakitnya bukan berkurang, melainkan kondisinya makin memburuk setelah meminum obat yang diberikan tersebut.

"Panas tubuhnya makin tinggi dan muncul bintik-bintik hitam memerah di kedua tangannya. Sakit mata yang dikeluhkan awalnya pun semakin gatal," jelas Azas.

Tidak tinggal diam, keesokan harinya, 23 Juli 2011, suami Ratna, Rahmat, segera melarikan istrinya ke Klinik Permata Bunda di kawasan Ciracas. Ia pun didiagnosis menderita cacar air oleh dokter.

Lagi-lagi, bukannya sembuh, lukanya semakin menjadi setelah minum obat yang diberikan dokter tersebut. Lantaran kondisinya semakin parah, pada 25 Juli 2011, Ratna dibawa oleh keluarganya ke Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo, Rumah Sakit Polri Kramat Jati, dan Rumah Sakit Umum Daerah Budi Asih.

Apes bagi Ratna, ketiga rumah sakit tersebut menolak menerimanya, padahal tubuh Ratna sudah dipenuhi semacam luka bakar, matanya tidak bisa dibuka lagi, dan di seluruh mulutnya dipenuhi luka. Akhirnya, ia pun dilarikan ke Rumah Sakit UKI Cawang, Jakarta Timur.

Diagnosis yang diperoleh di RS UKI berbeda dari dua tempat berobat sebelumnya. Menurut dokter di rumah sakit ini, Ratna dikatakan mengalami alergi obat. Saat ini Ratna terbaring di Ruang Edelweis kamar nomor 3 dan mendapatkan perawatan.

Pemberitaan tentang dugaan malapraktik ini sempat ramai dibicarakan di jejaring sosial Facebook. Hal ini karena kabar kondisinya dan foto Ratna diunggah oleh Azas Tigor Nainggolan dalam akun Facebook-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com