Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum 45 Tahun, Dilarang Masuk Al-Aqsa

Kompas.com - 05/08/2011, 19:56 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Ribuan polisi keamanan Israel dikerahkan di Kota Tua Jerusalem untuk membatasi akses para pria yang ingin masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa menjelang shalat Jumat pertama bulan Ramadhan. "Lebih dari 2.000 polisi dan penjaga perbatasan dikerahkan di Jerusalem," kata juru bicara polisi, Jumat (5/8/2011).

Ia menambahkan bahwa akses menuju kompleks Masjid Al-Aqsa hanya dibuka bagi kaum laki-laki Muslim yang berusia 45 tahun ke atas. "Mereka yang berusia di bawah usia 45 tahun tidak diizinkan masuk. Pengunjung rata-rata berusia 45 sampai 50 tahun. Mereka adalah para kepala keluarga yang sudah mengantongi izin khusus," katanya.

"Pembatasan akses masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa juga berlaku bagi warga Palestina dari Tepi Barat yang berusia di bawah 35 tahun," kata juru bicara itu.

Langkah-langkah pembatasan tersebut diberlakukan sebagai tindakan pencegahan karena adanya risiko kekerasan yang bisa terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Selama bulan Ramadhan, umat Islam berpuasa dari fajar hingga petang dan berusaha untuk lebih beramal dan saleh. Kompleks yang menjadi tujuan warga Muslim ini terdapat Masjid Suci Al-Aqsa. Masjid ini merupakan tempat ketiga paling suci dalam Islam setelah Mekkah dan Madinah di Arab Saudi.

Namun, tempat itu juga merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi, yang menyebutnya sebagai Temple Mount karena di situlah lokasi Kuil Kedua, yang dihancurkan oleh bangsa Romawi pada tahun 70 Sebelum Masehi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com