Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Tanduk Afrika Butuh Jutaan Dollar AS

Kompas.com - 05/08/2011, 16:12 WIB

KOMPAS.com — Badan PBB untuk Anak-anak (Unicef) mengatakan, negara-negara di kawasan Tanduk Afrika membutuhkan sedikitnya 315 juta dollar AS selama enam bulan ke depan untuk perluasan program penanggulangan kelaparan bagi anak-anak di kawasan itu. "Fokus yang dilakukan adalah kerja sama terintegrasi untuk penyelamatan anak," kata Unicef sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (5/8/2011).

Kesulitan yang juga menghadang Unicef adalah jarak yang jauh di antara kamp pengungsi. "Keluarga-keluarga Somalia yang menyeberang ke Kenya melalui Liboi harus berjalan kaki 100 kilometer demi mendapatkan bantuan makanan di kamp pengungsi Dadaab," kata perwakilan Unicef di Kenya, Olivia Yambi.

Kemarau panjang membuat kelaparan di kawasan Tanduk Afrika makin meluas. Anak-anak menjadi teramat rentan lantaran bencana itu.

Setiap hari kamp Dadaab menerima 1.300 pengungsi. Kebanyakan dari mereka berasal dari Somalia. Dari jumlah pengungsi itu, 80 persen di antaranya adalah perempuan dan anak-anak.

Sejatinya, Unicef membangun tiga kamp pengungsi di kawasan Dadaab. Sekarang jumlah pengungsi di tempat-tempat itu mencapai 400.000 jiwa. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com