Oposisi: Putra Khadafy Tewas!

Kompas.com - 05/08/2011, 15:20 WIB
EditorEgidius Patnistik

BENGHAZI, KOMPAS.com — Pasukan oposisi Libya, Jumat (5/8/2011), mengatakan, serangan NATO, Kamis malam, ke kota Zliten di sebelah barat Libya menewaskan seorang putra Moammar Khadafy, Khamis, dan lebih dari 30 orang lainnya.

Juru Bicara Pasukan Revolusioner Serikat, Muhammad Zawawi, dengan mengutip mata-mata yang beroperasi di antara jajaran Khadafy, mengatakan kepada AFP bahwa Khamis telah dipastikan berada di antara orang yang tewas. "Semalam ada serangan pesawat NATO terhadap ruang operasi Khadafy di Zliten. Ada sekitar 32 tentara Khadafy tewas. Salah satunya  Khamis," kata Zawawi.

Khamis, yang sudah lama memimpin milisi propemerintah, dikatakan menjadi komandan pertempuran di Zliten, sebuah benteng Khadafy yang telah menghambat laju pasukan oposisi menuju Tripoli.

Serangan yang menewaskan Khamis itu tampaknya terjadi hanya beberapa jam setelah Tripoli memulangkan wartawan dari sebuah tur yang dikawal ke pusat Zliten. Tur untuk wartawan itu merupakan sebuah upaya untuk menegasikan klaim pemberontak bahwa kota itu telah diserang.

Pasukan oposisi dari daerah kantong oposisi di Misrata, 60 kilometer ke arah timur, pekan ini mengumumkan bahwa mereka telah membuat kemajuan di Zliten, sebuah kota pantai strategis di jalan menuju Tripoli. Namun rezim Khadafy di Tripoli dengan cepat membantah klaim tersebut. Mereka mengatakan, rezim Khadafy menguasai seluruh kota itu.

Hari Kamis seorang wartawan AFP melihat pusat kota itu berada di tangan kekuatan rezim Khadafy, meskipun tembakan artileri intensif terdengar di kejauhan. Penduduk mengatakan, garis depan pertempuran itu terletak sekitar 10 sampai 15 kilometer di timur pusat kota.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X