Ahmadinejad Puji Si Perempuan Pemaaf

Kompas.com - 05/08/2011, 11:17 WIB
EditorEgidius Patnistik

TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyanjung perempuan yang telah memaafkan pria yang membuatnya buta dan cacat setelah disiram cairan asam (air keras).

"Tindakan altruisme itu merupakan suatu kehormatan bagi kita dan bangsa Iran dan membuat banyak orang jadi belajar dari tindakan tersebut dan berubah," kata Ahmadinejad kepada Ameneh Bahrami, perempuan yang jadi korban cairan asam itu. Laporan tentang pujian Ahmadinejad dilansir kantor kepresidenan dalam situs webnya, Rabu (3/8/2011), dan dikutip CNN, Kamis.

Tahun 2008, sebuah pengadilan Iran menghukum Majid Movahedi yang menyiram seember cairan asam ke wajah Bahrami. Pria itu kalap hanya karena Bahrami menolak lamaran kawinnya. Perempuan itu pun menuntut keadilan yang setimpal. Pengadilan lalu memutuskan, si penyerang harus dibutakan juga dengan cairan asam.

Seorang dokter ditugaskan untuk memasukan cairan asam -di bawah pengawasan hukum- ke mata Movahedi pada hari Minggu lalu. Itulah jenis hukuman yang setimpal untuknya yang telah menyiram cairan asam di wajah Bahrami. Namun perempuan itu meminta hukuman itu dibatalkan beberapa menit sebelum dilakukan.

Dia mengatakan kepada CNN, dua orang telah berperan dalam perubahan sikapnya. Seorang dokter di sebuah klinik di Spanyol dan seorang lagi Amir Sabouri, warga Iran yang membantunya dalam mendapatkan perawatan medis. Sabouri memintanya untuk memaafkan Movahedi dan membuktikan kepada dunia bahwa orang Iran itu baik dan pemaaf.

Bahrami bilang, dia membatalkan hukuman "mata ganti mata" itu terhadap penyerangnya karena "balas dendam semacam itu tidak pantas."

Minggu ini merupakan awal bulan suci Ramadan di dunia Islam, termasuk di Iran, dan saling memaafkan serta sapaan saling meneguhkan umumnya terjadi sebagai tanda kasih sayang menjelang hari raya Idul Fitri. "Setiap kebaikan yang ada di dunia ini merupakan hasil altruisme dan pengampunan," kata Ahmadinejad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.