Perancis Tarik Kapal Induk dari Libya

Kompas.com - 05/08/2011, 07:28 WIB
EditorMarcus Suprihadi

MARSEILLE, KOMPAS.com- Perancis akan menarik kapal induk Charles de Gaulle dari medan perang di Libya, pekan depan. Meski demikian, operasi tempur pesawat-pesawat Rafale, yang selama ini dilakukan dari kapal induk itu akan tetap diteruskan.

Menteri Pertahanan Perancis Gerard Longuet mengungkapkan rencana tersebut kepada harian Var-Martin yang terbit di Provence, Perancis Selatan, Kamis (4/8/2011). Menurut Longuet, Charles de Gaulle akan menjalani perawatan rutin dan pengistirahatan personel.

Sebelum meninggalkan medan pertempuran, kapal induk itu akan menurunkan semua armada Rafale-nya di Pulau Corsica, pulau milik Perancis di Laut Tengah. Untuk sementara, pesawat tempur tercanggih buatan Perancis itu akan beroperasi dari pulau yang berjarak sekitar 1.059 kilometer dari pesisir Libya tersebut.

Menurut keterangan Marine Nationale (Angkatan Laut Perancis), selama operasi di Libya, kapal ini membawa sekitar 20 pesawat berbagai jenis, yakni 8 pesawat tempur Dasault Rafale, 6 pesawat tempur Super Etendard, dan dua pesawat radar E-2C Hawkeye, serta beberapa helikopter.

Kapal induk sepanjang 261,5 meter itu masih akan menjalankan misi di Laut Tengah paling tidak sampai 10 Agustus, kemudian akan masuk dok di Pelabuhan Toulon guna menjalani perawatan rutin dan mengistirahatkan para personelnya. Kapal tersebut telah ikut aktif dalam misi di Libya nonstop sejak Maret.

Longuet tidak menyebut dengan jelas apakah kapal induk satu-satunya milik Perancis itu akan dilibatkan lagi dalam misi di Libya setelah perawatan selesai. Meski demikian, ia menegaskan, penarikan kapal induk itu tidak berarti peran Perancis dalam misi di Libya akan berkurang. "Perancis akan melanjutkan peranannya," tandas Longuet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.