Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal Libya Meleset dari Kapal Italia

Kompas.com - 04/08/2011, 13:31 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Pasukan Pemerintah Libya menembakkan sebuah rudal ke kapal perang Italia di Laut Tengah, Rabu, dalam suatu serangan yang jarang terjadi terhadap armada NATO di lepas pantai itu. Rudal itu meleset, jatuh sekitar dua kilometer dari sasaran yang dituju.

Laparan dinas pertahanan Italia dan NATO menyebutkan, kapal fregat Bersagliere berada sekitar 19 kilometer dari kota Zlitan, Libya, ketika rudal itu jatuh ke laut, sekitar dua kilometer dari kapal tersebut. "Kapal itu tidak kena dan terus melanjutkan misinya," kata NATO dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip CNN, Kamis (4/8/2011). "Kapal-kapal NATO masuk dalam jalur bahaya demi mencari target-target militer yang terus mengancam rakyat Libya."

Di Tripoli, juru bicara Pemerintah Libya, Musa Ibrahim, mengatakan kepada wartawan bahwa rudal tersebut diluncurkan oleh pasukan yang tetap setia kepada pemimpin Libya Moammar Khadafy. "Kami punya kemampuan luar biasa yang kami rasa belum perlu kami gunakan," kata Ibrahim. "Tentara kami masih sangat kuat. Kami belum menggunakan kekuatan nyata militer kami."

Ibrahim menyangkal klaim sekutu bahwa kekuasan pasukan pro-Khadafy telah berkurang hingga tinggal 20 persen kemampuannya. Ia menambahkan, "Demi Tuhan, jika kekuatan kami tinggal 20 persen, lalu apa yang saya lakukan di sini?"

Pasukan Khadafy telah memerangi pemberontakan selama hampir enam bulan terakhir. Negara itu pun praktis terbelah dunia, wilayah timur dikuasi pemberontak dan wilayah barat masih dikuasi rezim Khadafy. Pesawat tempur dan kapal perang NATO telah bergabung dalam pertempuran itu sejak Maret. Perangkat militer NATO menggempur pasukan pemerintah berdasarkan mandat PBB untuk melindungi warga sipil dari pembantaian oleh para loyalis Khadafy.

Meski sebagian besar tindakan militer sekutu telah dilakukan dari udara, kapal perang NATO dilaporkan telah terlibat pertempuran singkat setidaknya dua kali dengan pasukan pro-Khadafy yang berbasis di kota pelabuhan Misrata pada Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com