Yingluck Shinawatra Memerintah Segera

Kompas.com - 02/08/2011, 05:49 WIB
Editor

Bangkok, Senin - Putra Mahkota Thailand resmi membuka pertemuan parlemen baru, Senin (1/8). Ini menandai penyambutan pemerintah baru yang dipimpin oleh Yingluck Shinawatra, adik perdana menteri yang digulingkan, Thaksin Shinawatra.

Para anggota parlemen mengenakan seragam putih saat menghadiri upacara pembukaan pertemuan di Bangkok Senin sore, yang dipimpin oleh Putra Mahkota Kerajaan Thailand Maha Vajiralongkorn.

Majelis rendah dengan jumlah 500 kursi itu akan bersidang hari Selasa pagi, termasuk untuk memilih ketua majelis dan dua wakilnya.

Dalam beberapa hari, para anggota parlemen itu diperkirakan akan memberikan suara untuk memilih secara formal perempuan PM pertama negara itu, Yingluck Shinawatra dari Partai Pheu Thai.

Partai ini pada 3 Juli lalu memenangi pemilu setelah mendapatkan mayoritas 265 kursi dan merebut kembali kekuasaan dari saingannya, Partai Demokrat.

Yingluck akan memimpin Thailand hampir lima tahun setelah kakaknya, Thaksin, digulingkan dalam sebuah kudeta militer. Yingluck (44) telah menjanjikan jenis kebijakan populis yang telah membuat kakaknya begitu populer, seperti kenaikan upah minimum, kartu kredit untuk petani, dan komputer tablet untuk anak-anak sekolah.

Tampil mengagetkan

Rekonsiliasi politik juga ada dalam agenda walau para pengkritik mengatakan itu akan diberlakukan terutama untuk merehabilitasi pamor kakaknya untuk memungkinkannya pulang ke Thailand tanpa takut akan konsekuensi legal.

Akademisi Thailand, Pavin Chachavalpongpun, mengatakan, Yingluck, yang selama ini dipandang hanya sebagai wakil kakaknya, telah memperlihatkan karisma yang mengejutkan sejak keberhasilan dalam pemilu dan bisa menjadi ”seorang perdana menteri yang sangat mampu”.

Namun, dia mengatakan, tantangan-tantangan yang dihadapi calon perdana menteri itu, seorang yang baru dalam dunia politik, akan berat.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.